Rabu, 14 Maret 2012

Trik Agar Perut Tak Mudah Kembung

Ada empat langkah mudah yang bisa dilakukan.


Perut kembung (inmagine.com)

 Kadar gas yang tinggi akan membuat perut terasa tidak nyaman. Muncul rasa kembung, nyeri, bahkan hingga melilit. Penyebabnya adalah, kondisi asam lambung yang tidak normal.

Asam lambung dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan. Ketika kadar asam tidak normal, proses pencernaan makanan jadi kurang efektif. Artinya, makanan diolah secara tidak efisien dan menimbulkan rasa kembung atau membuat Anda jadi sering buang angin.

Kondisi tersebut bisa Anda alami kapan saja. Agar terhindar dari masalah perut ini, ada empat langkah mudah yang bisa dilakukan.

1. Makan perlahan

Anda mungkin sangat lapar, tapi usahakan untuk selalu mengunyah makanan hingga teksturnya halus dan mudah dicerna. Makan terburu-buru juga menyebabkan Anda menelan lebih banyak udara dan membuat perut  kembung.

2. Kurangi konsumsi minuman bersoda

Hindari atau setidaknya kurangi minuman berkarbonasi. Minuman tersebut membuat kadar gas dalam perut Anda jadi berlebih.

3. Minum air putih

Minum segelas penuh air putih satu jam sebelum Anda makan. Lalu saat makan, minum air secukupnya untuk membantu mencerna makanan. 

4. Konsumsi probiotik

Zat probiotik membantu menjaga keseimbagan antara bakteri baik dan bakteri jahat di usus, sehingga proses pencernaan jadi lebih lancar dan risiko kembung bisa dihindari. Untuk itu, konsumsi juga yogurt secara teratur. (umi)
• VIVAnews 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar