Jumat, 09 Maret 2012

3 Aturan untuk Miliki Pernikahan Langgeng & Bahagia

img Perceraian belakangan ini semakin marak terjadi. Anda tentu tak mau hal serupa menimpa pernikahan Anda. Jadi coba terapkan tiga hal ini untuk mendapatkan pernikahan yang langgeng dan bahagia.
 
Psikolog asal Amerika Serikat, Dr. Susan Orenstein memberikan tiga aturan berikut ini berdasarkan pengalamannya menangani berbagai kliennya yang pernikahannya hampir berakhir cerai. Psikolog lulusan Tempel University ini membantu mereka untuk kembali bersatu dengan menyarankan mereka melakukan tiga hal di bawah ini, seperti dipaparkannya pada Your Tango:

1. Jangan Lupakan Hal-hal Kecil
Sama seperti olahraga, kehidupan percintaan juga memiliki sifat bertahap. Anda mungkin bisa saja tidak punya waktu untuk berolahraga selama satu jam setiap harinya. Tapi kalau Anda melakukannya, setidaknya selama 15 menit di pagi hari dan 20 menit di siang hari, hasilnya tentu akan sepadan dengan olahraga satu jam.

Percintaan pun demikian, bangun kemesraan dengan pasangan meski hanya sebentar saja setiap harinya. Meskipun dilakukan sebentar, asalkan sering, cara tersebut bisa semakin menumbuhkan cinta di antara Anda dan pasangan.

Dr. Susan menjelaskan lagi, Anda bisa saja tidak punya waktu untuk melakukan liburan romantis bersama suami. Tapi Anda dan pasangan bisa saling menunjukkan perasaan cinta itu dalam kehidupan sehari-hari, melalui hal-hal kecil. Misalnya ketika pasangan menelepon, coba hentikan dulu apapun yang tengah Anda lakukan. Kalau memang Anda tidak sedang sangat sibuk, sempatkan untuk bertanya padanya soal hari yang baru saja dilaluinya. Menunjukkan perhatian ini sangat berarti bagi pasangan.

Di malam hari, Anda dan pasangan bisa saling mengobrol sebentar. Obrolan tersebut mungkin seputar update keseharian, anak, atau berita yang tengah hangat dibicarakan.

2. Waspadai Facebook atau Situs Jejaring Sosial Lain
Anda perlu mewaspadai dampak buruk Facebook terhadap hubungan pernikahan. Sudah bukan rahasia lagi kalau situs jejaring sosial itu bisa jadi salah satu penyebab retaknya rumah tangga.

Dr. Susan mengatakan ada beberapa aktivitas Anda yang nantinya justru dapat menjadi bumerang untuk Anda sendiri. Misalnya adalah berhubungan baik lagi dengan mantan kekasih. Kalau hubungan cinta Anda dengan si mantan dulu kandas secara baik-baik, bukan tidak mungkin benih asmara itu bisa tumbuh lagi.

3. Jadilah Seperti Anjing Peliharaan
Perhatikan bagaimana perilaku anjing peliharaan, mereka akan selalu senang ketika melihat pemiliknya pulang. Mereka akan menyapa dan menunjukkan betapa senangnya melihat pemiliknya sudah kembali ke rumah, hanya dengan bahasa tubuh.

Dr. Susan menyarankan, kenapa tidak mencontoh apa yang dilakukan anjing peliharaan tersebut. Ketika pasangan pulang, stop melakukan apapun yang sedang Anda lakukan. Sapa dia dengan baik dan lihat matanya, tunjukkan betapa Anda bahagia melihatnya. Sikap sederhana ini bisa berdampak besar untuk hubungan pernikahan Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar