Senin, 06 Februari 2012

5 Cara Menjalani Hidup Sehat di Kantor

imgBerada di kantor merupakan sebuah hambatan untuk bisa menjalani hidup sehat. Aktivitas yang padat terkadang membuat wanita karir harus makan-makanan siap saji. Belum lagi, godaan terhadap cemilan-cemilan yang ditawarkan oleh rekan kerja. 
 
Jika selama ini pola makan Anda kurang sehat, tenang saja, Anda belum terlambat untuk mengubahnya. Berikut daftar kebiasaan pola makan yang tidak sehat beserta tips untuk mengatasinya, seperti dirangkum idiva :

1. Mengatasi Sering Ngemil
Siapa yang tidak suka ngemil? Ngemil biskuit, keripik, atau makanan ringan lainnya merupakan kebiasaan umum di tempat kerja. Meskipun terkadang camilan itu memberikan energi lebih, namun camilan dapat membantu tubuh Anda untuk menyimpan lemak yang tidak perlu. Kadar garam yang terkandung dalam makanan ringan juga dapat menyebabkan hipertensi.

Cara memperbaiki : Jangan membawa berbagai macam jenis cemilan ke laci kerja Anda. Untuk itu, bawalah cemilan sehat dari rumah, seperti buah, yoghurt atau kacang-kacangan. Membawa camilan sendiri juga membuat Anda bisa menolak, saat teman menawarkan camilannya. 

2. Tidak Terlalu Banyak Minum Teh atau Kopi
Minum teh atau kopi sebanyak dua jam sekali merupakan kebiasaan yang sangat buruk. Minum teh atau kopi yang berlebihan dapat membuat Anda merasa gelisah, mudah marah, dehidrasi, dan dapat mengganggu pola tidur. Jika Anda menjadikan teh atau kopi sebagai teman makan Anda, hal tersebut dapat menghambat penyerapan zat besi.

Cara memperbaiki : Kurangi porsi teh atau kopi setiap harinya. Anda dapat mengganti teh atau kopi dengan pilihan minuman lain yang lebih sehat seperti teh hijau, air jeruk nipis hangat, atau jus buah. Pilih minuman yang tidak memerlukan banyak gula dan susu sebagai campurannya.

3. Banyak Minum Air Mineral
Meskipun ruangan kerja Anda ber-AC sehingga Anda tidak berkeringat dan tidak haus, bukan berarti Anda tidak perlu minum. Tubuh Anda memang beradaptasi terhadap jumlah air yang Anda minum. Berusaha untuk minum lebih banyak setiap harinya, dampaknya akan membuat Anda bolak-balik ke kamar kecil. Namun, jika Anda kurang minum untuk jangka waktu yang panjang akan menyebabkan sembelit, gangguan pencernaan, dehidrasi, peningkatan rasa lapar, dan juga dapat membuat kulit Anda terlihat kusam.

Cara memperbaiki : Letakkan satu liter botol air mineral di atas meja kerja, dan pastikan Anda telah habis meminumnya sebelum pulang dari tempat kerja. Menaruh botol besar di meja membuat Anda tidak lupa untuk minum. 

4. Mencegah Makan di Malam Hari
Sepulang kerja, seringkali teman kantor mengajak Anda mampir di sebuah restoran, sambil menunggu macet. Nah, tidak jarang Anda tergoda makan dalam porsi yang banyak. Terkadang rasa lapar pada malam hari sebetulnya cara tubuh untuk membiarkan Anda tahu bahwa Anda lelah dan butuh istirahat, bukannya untuk kembali makan. 

Jika Anda mengonsumsi makanan dalam porsi besar yang tinggi karbohidrat di malam hari, tubuh akan sulit untuk menyerap asupan makanan tersebut. Hal tersebut juga dapat menambah asupan kalori yang dapat merusak program diet Anda.

Cara memperbaiki : Jika Anda benar-benar lapar, makanlah sayuran dan beberapa jenis makanan yang kaya protein sebelum tidur. Sayuran berserat tinggi dan daging tanpa lemak yang kaya protein akan membuat Anda kenyang tanpa menambah asupan kalori. Hindari untuk makan nasi ataupun roti sebelum tidur.

5. Menghindari Makan Banyak Saat Weekend
Mungkin Anda berpikir untuk memberikan reward ke diri Anda yang telah sukses menjalani diet selama hampir seminggu. Tapi, dengan makan sepuasnya di akhir minggu, bukanlah cara yang tepat untuk diterapkan ke program diet Anda.

Cara memperbaiki: Cari cara lain untuk memberikan diri Anda penghargaan. Perawatan di salon, membeli buku baru, atau menonton bioskop sepertinya akan lebih menyenangkan sekaligus menjaga bobot tubuh Anda.

5 Cara Menjalani Hidup Sehat di Kantor (kik/kik)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar