Kamis, 09 Februari 2012

Kiat Menyusun Anggaran Makan Keluarga Tiap Bulan

img Membuat anggaran untuk biaya makanan setiap bulan, sangat penting dilakukan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika harus membuat anggaran makanan setiap bulannya. Salah satunya seberapa sering Anda dan keluarga makan, kapan harus membeli makanan ringan dan makan di restoran.
 
Untuk lebih baik dalam mengelola keuangan, sebaiknya harus membuat anggaran makanan setiap bulannya. Seperti dilansir eHow, terdapat tiga langkah dalam menyusun anggaran makanan setiap bulan.

1. Tentukan Biaya yang Diperlukan
Tentukan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memberi makan keluarga. Bisa dilakukan dengan mencatat tiga bulan terakhir pengeluaran Anda, lalu kategorikan sesuai bahan makanan apa saja yang dibeli atau pengeluaran untuk makanan cepat saji (untuk membeli camilan juga masuk dalam kategori ini).

Anda dapat menemukan jumlah rata-rata uang yang dikeluarkan untuk kedua kategori tersebut selama tiga bulan terakhir. Kemudian putuskanlah apakah ingin terus menghabiskan uang sebanyak ini untuk biaya makanan setiap bulannya atau ingin melakukan perubahan. Lalu tetapkan tujuan anggaran makanan yang diperlukan setiap bulan.

2. Membuat Rencana
Tentukan seberapa sering Anda ingin berbelanja bahan makanan setiap bulan. Setelah memahami pola pengeluaran tiap bulan, maka Anda bisa mulai membuat rencana pengeluaran untuk periode waktu yang ditentukan. Misalnya, mempersiapkan rencana makanan untuk sehari-harinya. Kemudian siapkan daftar belanjaan makanan pokok seperti buah, sayuran dan lauk yang ingin dibeli.

3. Tetap Ikuti Rencana
Ketika belanja, yang harus dilakukan adalah mendisiplinkan diri dengan hanya membeli apa yang ada di daftar belanjaan. Pastikan Anda tidak membeli sesuatu yang tidak diperlukan. Karena itu hanya akan merusak rencana awal Anda. Jika baru ingat untuk membeli sesuatu saat berada di supermarket tapi lupa untuk menuliskannya, sebaiknya tulis di daftar belanjaan berikutnya. Sehingga pengeluaran tetap terlaksana sesuai dengan rencana.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar