Kamis, 09 Februari 2012

6 Cara Agar Rambut Tidak Cepat Berminyak

img Rambut yang terlalu cepat berminyak memang menyebalkan, karena mau tidak mau harus keramas setiap hari. Jika tidak rambut akan terlihat lusuh dan kotor. 
 
Dr Heidi Waldorf, dermatolog di Mt. Sinai School of Medicine di New York mengatakan, jika kelenjar memproduksi sebum--minyak alami-- berlebihan, maka minyak dapat ke menyebar dan membuat rambut menjadi berminyak. Kelebihan minyak di kulit kepala juga bisa disebabkan karena dalam masa menstruasi. 

Meskipun kulit kepala yang berminyak tidak bisa disembuhkan secara permanen, namun Anda dapat mencoba beberapa tips ini untuk mengontrol minyak berlebih, ini dia tipsnya seperti dilansir eHow dan Life and Beauty Weekly. 

1. Shampo Khusus Rambut Berminyak
Gunakan shampo berformula ringan yang khusus untuk rambut berminyak. Selain itu Anda juga bisa memilih shampo yang berlabel 'clarifying'. Clarifying shampo adalah shampo untuk rambut-rambut yang diwarnai. Fungsinya adalah untuk mempertegas warna serta menghilangkan zat-zat kimia berbahaya yang tertinggal saat pengecatan rambut. Tak hanya mampu menghilangkan zat kimia yang berbahaya, clarifying shampo juga bisa membuat rambut Anda bebas minyak.

2. Shampo Dua Kali
Agar minyak yang berlebih terangkat sempurna, bilas rambut dua kali dan jangan segera membilas shampo. Berikan pijatan ringan ke dalam kulit kepala dan tunggu sekitar 30 detik sebelum membilasnya. Cara ini memberikan busa lebih banyak dan dapat mengangkat minyak yang berlebih. Kemudian bilas, lalu oleskan kembali shampo dan ulangi tahapan tadi. Membilas rambut dua kali dapat membuat kulit kepala dan rambut benar-benar bersih. 

3. Keramas Setiap Hari, Tapi Tidak Kena Kulit Kepala
Jika kondisi minyak sudah terlalu parah, Anda bisa mencuci rambut setiap hari. Tapi fokuskan pencucian pada helaian rambut bukan kulit kepala, karena jika terfokus pada kulit kepala, hal ini dapat membuat kulit kepala kering. Ketika kulit kepala kering membuat rambut gatal sehingga Anda menjadi sering menggaruknya, saat rambut terus tergesek menyebabkan minyak rambut terangsang keluar. 

4. Gunakan Kondisioner Hanya Pada Ujung Rambut
Hindari membalurkan kondisioner pada seluruh rambut. Hal itu bisa membuat kulit kepala semakin berminyak. Gunakan di ujung-ujung rambut saja. 

5. Cuci Rambut dengan Baking Soda
Manfaat baking soda adalah membersihkan minyak berlebih pada rambut. Tak hanya itu, baking soda juga menjaga pH di kulit kepala, sehingga menghindari rambut dari ketombe. Baking soda aman untuk digunakan, karena kandungannya tidak membuat minyak alami pada rambut hilang. Justru akan membuat rambut menjadi lembut dan minyak yang berlebih pada rambut akan terangkat.

Caranya, campur secangkir baking soda dengan satu liter air, simpan dalam botol kemudian kocok campuran baking soda sebelum digunakan. Ketika rambut telah basah, Anda bisa menerapkan campuran baking soda, lalu pijatlah rambut dan diamkan selama 15 menit. 

6. Solusi Rambut Berminyak Saat Keadaan Darurat
Saat tidak sempat keramas namun rambut sangat lepek, Anda bisa menata rambut untuk menutupi rambut yang kelebihan minyak. Caranya dengan mengepang atau mencepol rambut. Beruntung, model rambut kepang sedang menjadi tren. Positifnya, Anda bisa terlihat stylish padahal rambut sedang bermasalah.

Cara lain adalah dengan mengganti belahan rambut. Jika biasanya Anda membelah rambut di sisi kanan, ganti posisi belahan ke sebelah kiri. Dengan cara simpel ini dapat memperlihatkan sisi rambut yang lebih bersih dan bervolume.

Tidak sampai di situ, Anda pun bisa membasahi dan memberi shampo hanya di bagian poni saja. Sehingga minyak rambut dapat terkamuflase dengan bagian depan rambut yang bersih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar