Sabtu, 07 April 2012

Resep Nyaman Melahirkan

Masa persalinan, selain menjadi saat yang dinanti-nanti, sekaligus juga menjadi saat-saat yang mendebarkan dan bahkan rasanya ingin dihindari. Karena, menurut kebanyakan sumber (pengalaman orang tua, teman atau sanak keluarga) bahwa melahirkan anak (proses persalinan) adalah proses yang menyakitkan. Ah, jangan dulu percaya dengan cerita-cerita menyeramkan atau menyakitkan seputar persalinan. Sesungguhnya, melahirkan tidaklah menyakitkan seperti bayangan  Anda, bahkan bisa jadi pengalaman yang menyenangkan. Yuk diintip resep melahirkan dengan nyaman;
Tetap Beraktifitas
Mempersiapkan masa persalinan, bukan berarti Anda mengurangi aktifitas dan memilih tidur-tiduran saja. Justru sebaiknya Anda lebih banyak beraktifitas atau olahraga ringan untuk melemaskan otot-otot persalinan, disarankan untuk seminggu atau 2 minggu sebelum hari persalinan yang telah ditentukan, biasakan melakukan gerakan jongkok berdiri secara teratur  kurang lebih 10 sampai 20 set setiap hari(1 set 8x hitungan). Caranya, pegangan 2 tangan pada tempat tidur / wastafel/ kursi atau apa saja yang dapat dengan mudah dijangkau dan dipegang, kemudian lakukan gerakan jongkok berdiri, jongkok berdiri, seterusnya diulang-ulang. Saat sudah memasuki masa persalinan (sudah di rumah sakit/tempat bersalin) usahakan untuk jalan-jalan sekeliling ruangan, selain bisa hilangkan sakit, jalan dapat mempercepat terjadi bukaan dan memperlancar persalinan.
Atur Emosi
Salah satu resep sukses melahirkan dengan nyaman adalah mengatur emosi Anda. Usahakan untuk tetap tenang dan santai, tetap percaya diri bahwa Anda mampu melahirkan, hadapi persalinan sebagai sesuatu yang menyenangkan dan memang Anda tunggu. Rasa takut atau khawatir adalah hal negatif yg menguras energi dan membuat tambah sakit. Baiknya perbanyak senyum, ngobrol, cerita hal-hal lucu dan menyenangkan dengan suami , keluarga ataupun suster / bidan / dokter yang menangani Anda. Hindari marah-marah atau atau teriak-teriak, hal itu tidak ada gunanya, karena sama sekali tidak akan mengurangi rasa sakit, justru akan menguras tenaga Anda.  Teriakan dan marah-marah justru membuat pikiran terpusat pada rasa sakit. Lebih baik, hibur diri dengan mengajak calon bayi Anda berbicara, minta untuk bekerja sama, ungkapkan bahwa dia sudah sangat dinantikan, segeralah keluar, jangan biarkan mama kesakitan dan kalimat-kalimat semangat dan penghibur lain semacamnya.
Jangan Terfokus
Untuk mengurangi rasa sakit adalah dengan menghindarkan perhatian kita pada rasa sakit itu sendiri. Jangan biarkan perhatian kita terfokus pada sakitnya persalinan, tenangkan diri Anda dengan memutar musik klasik, musik lembut atau musik kegemaran Anda untuk relaksasi. Saat kontraksi datang tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan sambil bayangkan betapa indahnya bertemu buah hati Anda, atau apapun yang menyenangkan.  Bila sakit datang terlalu menyengat, cari kekuatan dengan megenggam tangan suami/ saudara/ siapapun yang Anda rasa nyaman,  remas tangannya bila memang diperlukan. Ingat untuk selalu berdoa agar dikuatkan dan diselamatkan (dzikir bagi yang beragama muslim, sangat dianjurkan dan akan sangat membantu)
Alternatif Persalinan
Bila memungkinkan dari segi biaya maupun kondisi kesehatan ibu, dapat memilih cara persalinan alternative seperti  epidural (suntikan bius dengan ILA), teknik Hyonobirthing, Waterbirth, dll.
Dan lagi-lagi, kuncinya hanya..
Ikhlas, Sabar dan Senyum :)
Selamat melahirkan nyaman, Bunda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar