Minggu, 01 April 2012

Hata Batak Toba atau Kata Batak Toba Bermakna

Tu sude hamu na manjaha milis on……Horas ma di hamu !
Suatu hari, pada saat acara marhata sinamot salah satu
anggota keluarga besar dari pihak istri saya, sebagai
boru tentu saja saya berkewajiban untuk hadir dan
melakukan kegiatan yang sepatutnya menjadi kewajiban
boru/hela. Setelah selesai kami melakukan banyak
sekali pembicaraaan yang menyangkut ke acara/adat yang
akan dilakukan. Sangat menarik sekali. Penuh dengan
perdebatan yang sengit namun menghasilkan jalan
keluar. Setiap acara yang akan dilakukan selalu
dibahas dan setiap pendapat selalu diikuti oleh
data-data, contoh-contoh atau pengalaman pelaksanaan
adat yang sama di waktu terdahulu. Sangat berenergi
dan bersemangat.
Selama perdebatan tersebut ada hal yang sangat menarik
yang dapat saya bagiakan bagi rekan-rekan sekalian
yaitu makna kata/tulisan ‘BATAK’. Semoga memberikan
suatu gambaran baru bagi kita tentang siapa kita
sebenarnya. Menurut Ompung yang mengatakan ini kepada
saya bahwa tulisan ini ada tertulis disalah satu
pustaka tua Batak. Semoga in benar adanaya dan
seandainya pun tidak, ungkapan/makna ini saya pikir
sangat baik dan sangat cocok dibuat menjadi suatu
pegangan/pengajaran bagi semua orang Batak Khususnya
semua orang umumnya.
Semoga………Horas tondi mandingin, pir tondi matogu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar