Minggu, 01 April 2012

Wow! Ternyata Kopi Bisa Perangi Penyakit Berbahaya

img Bagi sebagian orang, terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa mengakibatkan insomnia dan rasa cemas yang berlebihan. Jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya saja, coba pikir manfaatnya. Ternyata, penelitian menemukan manfaat terbaik dari kopi yang bisa memerangi penyakit berbahaya.
 
Kopi memiliki antioksidan yang baik daripada sumber lain, seperti buah dan sayuran. Dalam sebuah penelitian, manfaat kopi yang diminum dengan sedikit gula bisa memberikan efek positif lebih banyak dari efek negatifnya. 

"Biji kopi menjadi salah satu tanaman yang bebas dari bahan kimia," ujar Beth Reardon, selaku Kepala Nutrisi Duke Integrative Medicine. Dilansir dari Caring, simaklah lima fungsi kopi yang berguna untuk kesehatan Anda.

1. Mengurangi Risiko Terkena Diabetes Tipe 2
Beberapa peneliti menunjukan bahwa semakin sering Anda meminum kopi tanpa gula, semakin kecil kemungkinan terkena risiko diabetes tipe 2. Hal itu diperkuat dengan sebuah survei yang dilakukan oleh UCLA School of Public Health and Medicine yang melibatkan lebih dari 700 perempuan di tahun 2011. Hasil survei mengatakan, apabila wanita menopause meminum 4 cangkir kopi sehari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen.

Pada tahun 2009, para peneliti Australia mengatakan kalau setiap tambahan satu cangkir kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7 persen. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal 'Archives of Internal Medicine'. 

Kopi dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan glukosa yang penting bagi metabolisme tubuh, serta mencegah hancurnya proses produksi sel insulin. Selain itu, kopi meningkatkan kadar protein yang disebut hormon seks pengikat globulin dalam darah (sex hormone binding globulin/SHBG), yang memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2 pada orang yang kelainan genetik.

2. Melawan Kanker
Kopi pernah diyakini sebagai penyebab kanker. Namun, peneliti tidak mempertimbangkan faktor lain, seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol. Kini, kopi terbukti bisa melindungi tubuh dari kanker tertentu dengan memperbaiki DNA. 

Pada tahun 2011, tim Harvard menjelaskan bahwa wanita yang minum beberapa cangkir kopi sehari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker endometrium. Sedangkan pria, 60 persen lebih rendah terkena risiko kanker prostat mematikan bila mengonsumsi 6 cangkir kopi dalam sehari. Penelitian lain mengatakan kalau minum kopi dapat melawan risiko kanker usus besar, kanker dubur, kanker mulut, dan kanker kerongkongan. 

Kopi mengandung ratusan senyawa kimia, diantaranya senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang sangat aktif, seperti methylpyridinium. Kopi Espresso memiliki 2 sampai 3 kali lipat jumlah senyawa antikanker.

3. Menurunkan Risiko Demensia (Pikun)
Para ilmuwan masih belum sepenuhnya memahami apa penyebab perubahan otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer. Namun, mereka banyak belajar mengenai faktor demensia. Ternyata, kebiasaan meminum kopi hangat bisa menurunkan risiko tersebut.

Para riset dari Swedia dan Denmark mengadakan survei terhadap lebih dari 1.400 orang dewasa yang mengonsumsi kopi setiap hari. Mereka yang minum 3 hingga 5 cangkir kopi per hari, 65 persen lebih rendah terkena risiko demensia daripada yang hanya meminum dua cangkir atau tidak sama sekali. Antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vaskular. 

Penelitian lain yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan efisiensi penghalang darah otak, menggagalkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif, serta kemungkinan meningkatnya energi yang membuat Anda lebih aktif.

4. Melindungi Tubuh dari Penyakit Parkinson
Penyakit parkinson disebabkan karena adanya gangguan pada otak, yaitu sistem saraf pusat otak manusia yang mengalami kemunduran. Penyakit ini ditandai dengan ketidakteraturan pergerakan, kesulitan pada saat memulai pergerakan, dan kekakuan otot. 

Untuk itu, kopi membantu menurunkan risiko penyakit parkinson bagi kaum pria. Pria yang mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir kopi berkafein setiap hari memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena Parkinson.

Awalnya, peneliti tidak yakin jika kafein cukup bermanfaat melindungi pria dari parkinson. Namun, sebuah penelitian menemukan sebuah gen yang disebut GRIN2A, yang tampaknya dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit ini.

5. Mencegah Depresi
Kopi dapat menurunkan risiko depresi menurut beberapa peneliti. Para ilmuwan dari Harvard School of Public Health melaporkan jika orang yang minum 4 cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi. Sedangkan, orang yang mengonsumsi 2 sampai 3 cangkir kopi sehari memiliki risiko 15 persen lebih rendah.

Memang tidak ada yang memastikan, tapi satu teori menyatakan bahwa kopi melindungi diri dari depresi. Kafein dalam kopi bisa meningkatkan energi dan mood dalam jangka pendek.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar