Rabu, 04 April 2012

5 Cara Mengatasi Rasa Kecewa Pasca Gagal Diterima Kerja

img Menghadapi penolakan dalam bentuk apapun memang sulit untuk ditangani. Ini merupakan sesuatu yang harus dihadapi oleh setiap orang di beberapa titik dalam hidup. Penolakan itu sendiri bisa datang dari mana saja, baik itu dari keluarga, pacar, teman, hingga urusan pekerjaan.
 
Urusan pekerjaan ini bisa jadi tengah Anda alami. Terutama Anda yang baru saja lulus kuliah atau baru saja keluar dari kantor lama dan tengah mencari pekerjaan baru.

Di zaman sekarang ini, mencari pekerjaan memang tidak mudah. Bisa saja Anda merasa sudah menjalani tes masuk semaksimal mungkin, tapi ternyata Anda tak diterima kerja. Bagaimana cara mengatasi rasa kecewa atas kegagalan tersebut? iDiva memaparkannya di bawah ini:

1. Fokus Pada Masa Depan
Jangan terpaku pada kenyataan bahwa Anda gagal untuk mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan yang diinginkan. Fokuskanlah untuk menghadapi wawancara kerja selanjutnya di kantor yang berbeda. Ingatlah bahwa ketika satu pintu tertutup untuk Anda, maka akan ada pintu yang lain yang terbuka. Janganlah menyerah, karena tawaran berikutnya pasti akan lebih baik.

2. Belajar dari Kesalahan
Jika wawancara kerja tidak berjalan dengan baik, pikirkanlah dimana letak kesalahan Anda. Sehingga Anda dapat belajar dari kesalahan tersebut dan menjadi lebih baik untuk wawancara kerja selanjutnya.

3. Anda Tidak Sendirian
Ingatlah bahwa Anda tidak sendirian dalam menghadapi penolakan kerja. Masih banyak para pencari kerja di luar sana yang juga menanti untuk mendapatkan pekerjaan. Akan ada waktunya dimana Anda sangat berguna bagi perusahaan yang lain. Sehingga bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

4. Berpikir Positif
Tak sedikit dari Anda kerap patah semangat saat menghadapi penolakan kerja. Mulai sekarang, belajarlah untuk bangkit dan keluar dari situasi tersebut. Jadilah orang yang selalu berpikir positif untuk ke depannya. Hal ini dapat membantu Anda untuk maju, tetap berusaha dan bersemangat dalam mencari pekerjaan yang lain.

5. Latihan Fisik
Cara terbaik untuk mengatasi rasa kecewa akibat penolakan yaitu dengan latihan fisik. Nyalakan Ipod Anda dan lakukan sedikit olahraga berlari mengelilingi kompleks perumahan. Ini akan membantu memompa adrenalin sehingga dapat lebih bersemangat lagi. Anda juga bisa mengatasinya dengan cara mengajak teman-teman dekat untuk bertemu dan melakukan sesi curhat. Siapa tahu teman Anda dapat membantu memberikan solusi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar