Jumat, 22 Juni 2012

7 Tips Diet & Olahraga untuk Atasi Masalah Pencernaan

img Masalah pencernaan akan sangat mengganggu kegiatan, khususnya setelah mengonsumsi makanan pedas atau berminyak. Untuk mengatasi perut yang kurang nyaman tersebut, Anda bisa melakukan beberapa olahraga ringan.
 
Kegiatan bisa dilakukan dengan berjalan kecil sehabis makan, atau latihan pernapasan secara teratur. Selain itu, masih ada beberapa latihan dan tips diet lainnya untuk membantu Anda mengatasi masalah pencernaan, seperti yang dikutip dari Bold Sky.

1. Jalan-jalan Kecil
Setelah Anda makan banyak, disarankan untuk berjalan-jalan kecil ketimbang hanya duduk atau tidur. Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan, berjalan santai juga membantu perut lebih mudah mencerna makanan dan mencegah tubuh menyimpan lemak.

2. Latihan Ringan
Cobalah melakukan latihan ringan dengan cara tidur terlentang, kemudian luruskan tangan Anda di kedua sisi sambil bernapas secara teratur. Tekuk lutut ke dada dan stabilkan bagian atas tubuh. Pastikan tubuh bagian atas lurus saat Anda menekuk lutut. Lalu putar perlahan tulang punggung bagian bawah dan pinggang ke sisi kiri. Tahan selama 10-15 detik dan kemudian beralih ke sisi kanan. Lakukan latihan ringan ini selama 5-6 menit setiap harinya.

3. Latihan Pernapasan
Pernapasan adalah salah satu latihan yang paling umum untuk memperbaiki pencernaan. Duduk lurus di kursi dengan posisi punggung tegak dan kaki lurus ke bawah. Tarik napas dalam-dalam (hitung sampai 5) dan tahan selama 2-3 detik. Buang napas sepenuhnya (hitung sampai 6). Latihan pernapasan ini tidak hanya meningkatkan sistem pencernaan tapi juga membuat relaks pikiran Anda.

4. Posisi Duduk Tegak
Duduklah di lantai dengan posisi punggung tegak dan kaki lurus. Sekarang tekuk perlahan kaki kiri Anda dan letakkan kaki ke arah lutut kanan. Putar tubuh bagian atas (tulang belakang) pada sisi kiri. Tarik nafas dalam-dalam. Tahan posisi dan mulai menghitung sampai 10. Santaikan tubuh Anda dan ulangi gerakan yang sama dengan kaki kanan.

5. Yoga
Yoga adalah salah satu latihan yang paling efektif untuk menangani masalah pencernaan. Cobalah gerakan dasar yoga untuk memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat.

6. Hindari Minuman Dingin
Fungsi saluran pencernaan lebih baik pada suhu tubuh yang normal. Konsumsi minuman dingin akan memperlambat proses pencernaan. Jadi, hindarilah konsumsi makanan atau minuman dingin untuk membantu Anda memperbaiki sistem pencernaan dan mendapatkan berat badan ideal.

7. Makanan ringan
Konsumsi makanan berat akan memperlambat proses pencernaan. Untuk itu, kurangi porsi makanan berat Anda mulai sekarang dan ganti dengan makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur dan buah. Ketika Anda mengonsumsi makanan berat seperti nasi porsi besar lengkap dengan lauknya terlalu sering, Anda tidak hanya memperlambat proses pencernaan, tetapi juga menambahkan berat ekstra.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar