Rabu, 20 Juni 2012

6 Cara Atasi Turunnya Libido Karena Masalah Sehari-hari

imgAda banyak hal sehari-hari yang bisa menyebabkan libido turun. Stres karena pekerjaan, bertengkar dengan pasangan soal pekerjaan rumah tangga, seks yang tidak bervariasi, semuanya bisa membuat gairah bercinta hilang.
 
Bekerjasama dengan situs mysinglefriend, majalah Men's Health Inggris pun mengadakan survei, masalah sehari-hari apa yang membuat libido seseorang turun. Ada 1.000 orang yang ikut dalam survei ini.

Berdasarkan survei, berikut ini masalah sehari-hari yang membunuh libido dan cara untuk mengatasinya:

1. Pekerjaan Rumah Tangga
Ada 3% pria dan wanita yang menyebutkan pekerjaan rumah tangga sebagai penyebab hilangnya gairah bercinta. Apakah Anda termasuk yang malas mengerjakan urusan rumah? PEnelitian yang dilakukan Council on Contemporary Families di Amerika menunjukkan, pria yang membantu istrinya melakukan pekerjaan rumah tangga, mendapatkan seks 27 kali lebih banyak ketimbang yang malas.

Agar pekerjaan rumah tangga ini bisa jadi hal yang justru memicu gairah, psikoterapis Christine Webber menyarankan, mulailah mengerjakan semua urusan pada Minggu pagi selama 30 menit. "Saat rumah sudah bersih, suami bisa mengajak pasangan untuk beristirahat dan bercinta di atas seprai yang sudah bersih. Kebersihan ini bisa membantu istri untuk relaks dan mencapai orgasme," ujarnya.

2. Seks yang Sudah Jadi Rutinitas
Setelah menikah bertahun-tahun, bagi beberapa pasangan seks sudah menjadi rutinitas. Sehingga kebosanan pun kemungkinan besar akan muncul. Untuk mengatasinya, penulis buku 'Sex Tips For Girls' Flic Everett menyarankan, cobalah untuk tidak bercinta selama beberapa waktu. Lakukan hal-hal lain yang menyenangkan untuk mengalihkan pikiran.

Cara lainnya, "Berlibur, meski hanya satu malam," saran Webber. "96% klienku mengatakan kalau mereka merasa lebih bergairah saat jauh dari rumah," tambahnya.

3. Kelelahan
73% orang di Inggris mengaku cukup sering merasa terlalu lelah untuk bercinta. Apakah Anda mengalaminya juga? Coba saran dari Webber ini dengan mengubah jadwal tidur Anda. Tidur jangan terlalu malam agar bisa bangun lebih pagi untuk menikmati quickie. Bercinta di pagi hari terbukti bisa meningkatkan mood positif. Kalau saat weekdays tak sempat, habiskan Sabtu malam dengan berbaring bersama pasangan. Malam hari waktu yang tepat untuk wanita bercinta karena di saat itu level testosterone mencapai puncaknya.

4. Tidak Ada Gairah
Gairah bisa dimunculkan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui pakaian. Jika selama ini Anda bercinta dengan busana yang seadanya, sesekali kenapa tidak mengenakan lingerie yang terbukti membuat wanita lebih percaya diri dan seksi. Sementara para prianya, bisa mengenakan boxer berwarna biru yang menurut penelitian membuat mereka lebih dipercaya dan didambakan.

5. Terlambat Makan
Kesibukan kerja membuat makan lewat dari waktunya menjadi hal yang terhindarkan. Hal ini pun sering terjadi ketika waktu makan malam. Banyak orang yang akhirnya baru makan malam setelah pukul 19.00. Inilah yang akhirnya membuat libido holang. Penelitian yang dilakukan New England Research Institute menunjukkan, pria yang indeks massa tubuhnya naik meski hanya empat poin, efeknya tetap sama seperti mereka mengalami penuaan hingga 10 tahun. Kenaikan indeks massa tubuh ini membuat level testosterone menurun drastis.

"Makan terlambat memang tidak bisa dihindari. Tapi kita masih bisa memilih apa yang dimakan," ujar ahli nutrisi Dr Carol Sadler. Jadi, cobalah makan makanan berat sebelum pukul 17.00 dan makan snack sehat di malam hari untuk meningkatkan energi sebelum tidur.

6. Stres Pekerjaan
Stres karena urusan pekerjaan sering menyebabkan gairah seks seseorang menurun. Untungnya, ada solusi mudah untuk mengatasi ini. Penelitian yang dilakukan Universitas Toronto menunjukkan dukungan pasangan bisa mengurangi stres tersebut. "Luangkan waktu untuk mengobrol dengan pasangan soal stres yang dirasakan dan lihat bagaimana gairah bisa datang lagi," kata Webber. Sebagai bumbu, Anda bisa mengobrol dengan memintanya memijat atau sambil minum teh bersama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar