Kamis, 08 Desember 2011

Malam Minggu, Bisa Tonton Gerhana Bulan

Gerhana bulan ini bisa dilihat dengan mata telanjang di hampir semua wilayah Indonesia.

Ita Lismawati F. Malau
Foto kolase gerhana bulan (ANTARA/Sahrul Manda)

 Kemana anda malam minggu ini? Jika tak ada agenda, menonton gerhana bulan bisa jadi pilihan. Sabtu 10 Desember 2011, bulan sepenuhnya akan tertutup bayangan bumi.

Evan I Akbar, astronom Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat menjelaskan bulan akan masuk fase gerhana mulai pukul 19.45 WIB. "Puncaknya akan terjadi pada pukul 21.32 WIB," kata Evan dalam perbincangan denganVIVAnews.com, Kamis 8 Desember 2011.

Menurutnya, gerhana bulan ini bisa dilihat di hampir seluruh wilayah Indonesia. "Jamnya juga tidak terlalu larut jadi kemungkinan banyak warga yang melihat. Syaratnya, cuaca cerah ya," kata dia. Gerhana ini, imbuhnya, akan berakhir pada pergantian hari menuju Minggu 11 Desember 2011.

Selain itu, dia juga menjelaskan fenomena alam ini akan sama dengan gerhana bulan pada bulan juni lalu. "Bulan akan tampak memerah. Sama saja," kata dia.

Ada tiga cara untuk menikmati gerhana bulan ini. Pertama, anda bisa pergi ke Bosscha dan menikmati melalui teleskop yang disediakan. "Pers kami undang untuk datang ke Bosscha," imbuh Evan.

Kedua, melihat dari kediaman anda sendiri dengan mata telanjang. Dan ketiga, kata Evan, melalui situs Kementerian Komunikasi dan Informatika. "Kami live streaming. Siapa tahu ada warga di Riau atau Kalimantan yang ingin melihat gerhana ini melalui Bosscha, bisa dilihat melalui situs," jelasnya. (eh)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar