Senin, 05 Desember 2011

6 Tips Tetap Bugar Walau Sibuk Bekerja

Bagi wanita yang sehari-hari menjalani aktivitas kantor, menyisihkan waktu untuk olahraga mungkin sedikit sulit. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa memiliki tubuh yang sehat. Simak tips praktis tetap bugar saat kerja, seperti dilansir Times of India.
1. Datang Lebih Awal
Datanglah ke kantor lebih awal dari waktu yang ditentukan. Selain dapat memahami dan mengenal lebih baik suasana kantor, Anda juga memiliki waktu kosong untuk melakukan persiapan rutinitas kerja.

2. Parkir Mobil Agak Jauh
Jika Anda mengendarai mobil, parkirlah agak jauh dari pintu masuk kantor. Begitu juga jika Anda naik kendaraan umum, berhentilah di tempat yang agak jauh dari kantor, sehingga tubuh akan tergerak untuk berjalan. Lakukan aktivitas ini secara rutin sebagai pengganti olahraga Anda.

3. Jalan Setelah Makan Siang
Berjalan setelah makan siang dapat mengurangi kalori berlebih. Selain itu, berjalan juga sangat baik bagi jantung, paru-paru dan otot diafragma. Berjalanlah dengan cepat agar keringat keluar. Keringat merupakan penanda terbakarnya kalori dalam tubuh.
4. Lakukan Peregangan
Duduk di kursi seharian tanpa gerak akan membuat otot tubuh terasa kaku. Sebaiknya setiap beberapa jam, lakukan peregangan ringan secara teratur. Seperti melakukan senam di tempat duduk atau sekadar jalan kaki mencari udara segar.

5. Bernapas dengan Benar
Cara mengambil napas berpengaruh pada asupan oksigen ke otak yang mampu meningkatkan konsentrasi kerja. Ambil napas dalam-dalam lewat hidung, lalu keluarkan perlahan-lahan lewat mulut. Dengan kontrol yang tepat, napas akan lebih teratur. Cara ini juga bisa membantu mengencangkan otot perut karena Anda harus membuat gerakan yang membuat tekanan pada otot diafragma.

6. Konsumsi Makanan Sehat
Makanan adalah bahan bakar manusia untuk beraktivitas. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi agar tubuh selalu fit. Dalam memilih makanan, perhatikan kandungan vitamin, protein, karbohidrat dan kalori secara seimbang. Akan lebih baik jika Anda membawa makanan dari rumah karena kebersihannya lebih terjamin.

(hst/hst)
sumber:wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar