Sabtu, 07 Januari 2012

Cegah Flu Dengan Gandum dan Bawang Putih

Cegah Flu Dengan Gandum dan Bawang PutihCuaca musim hujan sering memicu flu. Rasa letih karena padatnya aktifitas sehari-hari bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh mudah terserang virus. Banyak makanan sehat yang bisa memperkuat daya tahan tubuh.
 
Sebuah penelitian menunjukkan, untuk mencegah terkena flu akibat virus, dianjurkan untuk makan maknaan yang mengandung mineral, selenium dan beta-glukan (suplemen makanan). Nutrisi tersebut bisa memperkuat daya tahan tubuh yang juga bisa didapat dari makanan yang sering kita jumpai seperti bawang putih dan gandum.

Bawang putih adalah salah satu jenis rempah-rempah yang paling sering dijumpai. Pada masa Perang Dunia II, bawang putih sering digunakan sebagai antibiotik karena mengandung allicin yang kuat. Pada penelitian tahun 2004 di Britist Journal of Biomedical Science, peneliti menemukan zat antibiotik yang efektif melawan virus dan bakteri.

Pada literatur kesehatan dinyatakan bahwa allicin juga dapat membunuh bakteri E-coli, infeksi jamur dan parasit, termasuk bakteri penyebab diare. Allicin juga bersifat sebagai antivirus. Perlu diketahui bahwa penelitian ini dilakukan di laboratorium. Telah diji klinis yang hasilnya, bawang putih adalah makanan yang berguna untuk mencegah flu atau pilek.

Allicin pada bawang akan keluar jika bawang dipotong dengan pisau atau saat mengunyah. Bawang putih memiliki aroma yang khas. Cobalah menambahkan bawang putih cincang pada menu salad atau masakan Anda.

Selain bawang putih, gandum juga dipercaya dapat membantu mencegah flu. Gandum merupakan salah satu sumber mineral terbaik yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Mineral pada gandum dapat memproduksi sel darah putih yang berfungsi untuk menyembuhkan infeksi pada kulit dan selaput lendir.

Dalam 100 gram gandung terdapat 17 mg mineral, nilainya melebihi nilai asupan mineral dalam sehari yang dianjurkan. Untuk laki-laki 11 mg mineral perhari dan 8 mg mineral per hari untuk perempuan.

Menurut National Institute of Health (NIH) Suplemen Diet, sebenarnya gandum bukan sumber mineral yang baik karena mengandung phytates yaitu suatu senyawa yang mengikat seng dan menghambat penyerapannya dalam tubuh. Sebelum mengolahnya sebaiknya rendam benih gandum terlebih dahulu untuk membantu memecah phytates, sehingga penyerapan mineral dapat dilakukan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar