Jumat, 06 Januari 2012

Kembangkan Bisnis Dengan 7 Sikap Positif


(c) bikyamasr
Anda yang telah memiliki bisnis dan ingin mengembangkannya, baca artikel ini agar bisnis Anda semakin berkembang!
 Apakah Anda sudah memiliki bisnis sendiri? Jika jawabannya sudah, selamat! Anda termasuk orang yang sudah take action untuk merakit masa depan di atas kaki sendiri. Sebagai seorang pengusaha, tentu Anda menjadi tumpuan banyak orang, minimal harapan semua karyawan dan keluarga karyawan Anda. Dan tentu saja, tanggung jawab besar ini wajib Anda tunaikan dengan baik.

Berikut ada 7 sikap dari 14 budaya sukses Action COACH dilansir oleh Antara Newsyang layak untuk dicoba untuk menyelamatkan bisnis Anda dalam jangka panjang.Action COACH mengenal formula BE x DO = HAVE, BE adalah pola pikir (mind set), DO adalah tindakan kita, dan HAVE adalah hasil. Apa saja ke tujuh sikap positif itu?

1. Komitmen
Definisi kata ini adalah menepati apa yang sudah Anda janjikan. Komitmen artinya juga bertanggung jawab penuh terhadap apa yang sudah Anda lakukan dan Anda selesaikan dengan sebaik-baiknya. Apa yang terjadi jika Anda sebagai seorang pengusaha tak memiliki watak ini, bukan hanya customer Anda yang bakal kecewa, bahkan tim Anda pun akan meninggalkan Anda, cepat atau lambat.

2. Integritas

Arti lugasnya adalah memiliki kejujuran yang tinggi. Jujur bisa didefinisikan dalam banyak bahasa, bisa diartikan apa yang Anda katakan adalah apa yang Anda lakukan, atau definisi lainnya tentang menjaga amanah. Sebagai pengusaha, Anda wajib memiliki karakter ini, karena akan menjaga reputasi Anda dan bisnis Anda di mata masyarakat. Miliki integritas yang tinggi dalam menjalankan bisnis, maka banyak pihak yang ingin membantu dan mau bekerjasama dengan Anda.

3. Ownership

Artinya Anda punya perasaan memiliki yang kuat. Rasa memiliki adalah penting, karena dari sikap itu, Anda lebih bersemangat untuk menjaga dan mengembangkan bisnis Anda. Perasaan itu bisa menular kepada tim Anda dan bahkan ke customer Anda. Namun semua dimulai dari diri Anda. Rasa sikap memiliki bisa diartikan luas dan dalam. Miliki sifat ini, maka akan banyak perubahan positif yang Anda terima.

4. Komunikatif

Kemampuan komunikasi adalah skill yang wajib dimiliki oleh semua pemilik bisnis. Anda bisa bekerjasama dengan orang lain lebih baik lagi dan bahkan bisa mengembangkan bisnis lebih luas lewat orang-orang tepat. Kemampuan komunikasi ini bisa menjadi senjata pamungkas Anda dalam berbisnis secara jangka panjang.

5. Bersikap Edukatif

Maksudnya adalah siap belajar seumur hidup. Anda harus memposisikan diri sebagai orang yang selalu belajar dari siapapun, di manapun dan dalam kondisi apapun. Anda belajar menghadapi karyawan Anda, belajar melalui pelanggan Anda, calon klien Anda, mitra bisnis Anda dan banyak lagi. Dengan selalu belajar, Anda akan tetap update hingga lebih mudah menyelesaikan berbagai masalah dalam bisnis Anda. Sikap mau belajar adalah sikap para pemenang

6. Berpikir Sistemik

Apa maksudnya? Anda sebagai pengusaha harus belajar berpikir sistemik. Segalanya harus Anda buat sistemnya. Mulai sistem dalam bisnis Anda, sistem kemitraan, sistem marketing, sistem perluasan bisnis dan sistem replikasi (franchise). Mulailah berpikir secara sistem, dan pada akhirnya Anda bisa bebas dari urusan bisnis, tapi profit tetap masuk berjalan.

7. FUN (Berkepribadian humoris)

Humor bisa mencairkan hubungan yang renggang. Humor bisa juga meningkatkan kesehatan suatu hubungan sosial, termasuk kesehatan jasmani orang itu sendiri. Dengan adanya kepribadian yang menyenangkan, maka akan semakin mudah Anda masuk ke berbagai lingkungan, baik lingkungan bawah atau lingkungan atas. Kemungkinan konflik sosial semakin kecil dengan kemampuan ini.

Dengan 7 sikap positif ini, bukan hanya bisnis tapi kehidupan Anda menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Bayangkan, Anda sebagai leader sangat dituntut untuk menjadi berhasil, dan dengan modal keberhasilan ini, Anda bisa menduplikasi kepada semua tim Anda hingga mereka berkembang lebih baik.

Ketujuh sikap ini sangat efektif menyelamatkan dan mengembangkan bisnis Anda dalam jangka waktu yang cukup lama, karena memang pada dasarnya bisnis dibangun oleh para manusia, dan dengan menjalin hubungan yang lebih baik, maka bisnis Anda menjadi jauh lebih baik. (ant/wo/wsw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar