Kamis, 05 Januari 2012

Cara Ngemil yang Sehat untuk Anak


img
(Foto thinkstock)
 Ngemil adalah hobi utama bagi banyak anak, namun hal tersebut tidak selalu buruk. Ngemil makanan yang bergizi justru dapat membantu anak mengekang rasa lapar sepanjang hari, serta memberikan nutrisi dan energi yang penting.

Dengan mengetahui beragam variasi cemilan sehat untuk anak-anak dapat membantu untuk memenuhi nutrisi harian anak tanpa membuat anak bosan dengan makanan yang monoton.

Mengajarkan pada anak sedini untuk membuat pilihan camilan yang sehat akan membantu menetapkan kebiasaan diet sehat untuk seumur hidup. Kira-kira bagaimana cara untuk membiasakan camilan sehat untuk anak?

Berikut 10 cara untuk membiasakan camilan sehat untuk anak seperti dikutip dari MayoClinic, Kamis (5/1/2012) antara lain:

1. Jauhkan dari junk food

Makanan junk food tentunya tampak lebih menarik dibandingkan makanan sehat. Menjadi contoh dengan memilih camilan sehat, dapat merupakan cara yang baik untuk membiasakan anak menghindari junk food.

2. Memilih makanan dari gandum

Makanan gandum, seperti gandum pretzel atau tortila, dan gandum sereal mengandung serat yang tinggi. Sehingga dapat menyediakan energi dengan kekuatan yang lebih lama.

3. Mix and match

Sajikan wortel atau sayuran mentah lainnya dengan saus bebas lemak. Celupkan biskuit cracker atau buah segar dalam yoghurt bebas lemak.

Oleskan selai kacang pada seledri, apel, atau pisang. Dengan mix and match makanan dapat membuat variasi berbagai jenis makanan, sehingga anak tidak cepat bosan dengan camilan sehat yang disediakan.

4. Memperluas menu

Menu yang disediakan harus semakin luas, menarik, dan semakin variatif, sehingga anak tidak cepat bosan dengan camilan yang disediakan.

5. Sajikan sarapan

Tinjau ulang menu sarapan yang selama ini telah disediakan sehari-hari, apakah menu tersebut termasuk menu sehat. Sajikan menu sarapan, seperti orak-arik telur dan roti gandum. Menu tersebut juga dapat menjadi camilan sehat bagi anak-anak di sore hari.

6. Mempermanis camilan

Camilan sehat untuk anak-anak tidak harus hambar. Untuk memuaskan rasa manis anak dapat dengan menawarkan pudding bebas lemak, frozen yoghurt, atau buah beku. Membuat smoothies dengan susu skim, yoghurt bebas lemak, dan buah segar atau beku juga akan tampak lebih menarik bagi anak.

7. Menyajikan camilan lebih menarik

Gunakan cetakan kue untuk membuat berbagai bentuk irisan keju rendah lemak, tortilla gandum, atau roti gandum. Buatlah kebab buah atau menunjukkan pada anak bagaimana untuk makan buah potong dadu dengan sumpit.

Membuat menara dari biskuit gandum, mengeja kata dengan stick dari kue kering, atau membuat wajah lucu di piring dengan menggunakan berbagai jenis buah.

8. Membebaskan anak untuk memilih menu camilan sehat

Tinggalkan buah segar dalam mangkuk di atas meja. Sereal gandum dan buah kalengan atau yang disajikan dalam bentuk jus.

Biarkan anak memilih menu camilan sehat yang sedang dia inginkan. Namun, tetap ajarkan anak untuk memilih camilan sehat sedini mungkin. Hal tersebut akan membentuk kebiasaan anak hingga dewasa.

9. Jangan tertipu oleh label makanan bebas lemak

Makanan rendah lemak atau bebas lemak yang ada di pasaran kemungkinan masih tinggi kalori dan sodium. Periksa label nutrisi untuk mengetahui keseluruhan kandungan nutrisi.

10. Tentukan zona ngemil

Batasi ngemil di daerah-daerah tertentu, seperti dapur. Asupan kalori akan berlebihan jika membiarkan anak ngemil sambil nonton TV 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar