Kamis, 05 Januari 2012

Ini Dia 6 Tips Berlibur Bersama Orangtua

thinkstockBanyak orang menghindari berlibur bersama orangtua karena sering khawatir, suka mengatur dan tidak bisa diajak bersenang-senang. Padahal, dulu orangtua selalu mengajak Anda berlibur bersama. Ikuti kiat-kiat berlibur bersama orangtua, agar Anda bisa membalas kebaikan mereka di masa lalu.
 
Berikut 6 tips lancar berlibur bersama orangtua yang disusun detiktravel, Kamis (5/1/2012):

1. Rencanakan tempat liburan bersama


Berlibur bersama orangtua memang susah-susah gampang. Tempat tujuan dan kegiatan yang salah bisa membuat gagal liburan Anda. Ada baiknya Anda merencanakan tujuan dan kegiatan liburan bersama orangtua. Diskusi dan opini tentu akan menghasilkan rencana liburan yang matang. Selain matang, rencana ini juga sudah disetujui oleh orangtua sehingga kemungkinan mereka tidak suka, akan kecil.

2. Mengerti sifat dan kegemaran orangtua

Mungkin orangtua akan sering membuat Anda kesal atau tidak sabar. Dengan sikap mereka yang cenderung kaku, membuat Anda berpikiran mereka tidak bisa diajak bersenang-senang. Harus Anda ingat bahwa mereka sudah tidak muda lagi. Cara menyenangkan diri mereka sudah berbeda dengan Anda. Posisikan diri Anda sebagai mereka dan pilihlah kegiatan yang kira-kira menyenangkan. Minum teh di cafe teh dengan musik lembut atau menghabiskan pagi berjalan santai di tepian pantai bisa jadi pilihan kegiatan yang tepat.

3. Jangan menguras tenaga orangtua

Ingat, orangtua Anda sudah tidak muda lagi. Carilah tempat liburan yang tidak terlalu menguras fisik, seperti pantai yang landai atau resor dengan fasilitas lengkap sehingga tidak usah banyak bergerak. Borobudur, Bromo, atau tempat lain yang menguras tenaga, sebaiknya dihindari.

4. Lipat gandakan kesabaran Anda

Menunggu orangtua bersiap-siap atau menunggu mereka berbelanja menjadi kegiatan yang bisa membuat Anda kehabisan kesabaran. Ingat, orangtua tidak pernah mengeluh ketika Anda merengek seharian di jalan karena tidak mau pulang liburan. Orangtua juga tidak lelah ketika Anda tetap minta bermain meski hari sudah sangat malam. Ini waktunya Anda melatih kesabaran seperti yang mereka lakukan pada saat Anda kecil. Ipod atau PSP bisa jadi barang penyelamat Anda saat sedang bosan atau tidak sabar menunggu orangtua.

5. Saatnya berbincang dengan orangtua

Liburan tidak melulu tentang pemandangan yang indah. Liburan juga menjadi ajang temu kangen. Jika selama ini Anda hanya sempat menyapa sebelum dan setelah pulang berkegiatan, liburan adalah saatnya untuk mengobrol. Diskusi ringan yang berujung canda tawa bisa jadi ajang mendekatkan diri antar anggota keluarga. Mungkin saja Anda bisa mendengar unek-unek orangtua yang selama ini dipendam atau mendengar kabar bahagia yang luput dari perhatian Anda. Mengobrol selama perjalanan bisa juga jadi penghilang stress dan kebosanan. 

6. Ajak orangtua melakukan kegiatan yang baru

Orangtua biasanya suka enggan jika disuruh melakukan hal yang baru. Rayu dan ajak mereka pelan-pelan untuk mencoba hal yang baru. Dengan begitu, orangtua juga bisa menghidupkan keceriaan mereka kembali. Mencoba makanan baru di suatu daerah atau mendatangi tempat wisata yang baru, jadi pilihan kegiatan yang bisa dicoba orangtua Anda. Setelahnya, pasti akan banyak pengalaman yang bisa diceritakan orangtua Anda dengan senyum lebar bahkan dengan tawa lepas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar