Rabu, 04 Januari 2012

Tips Agar Tidak Gugup Saat Memberikan Pengarahan

imgMemberikan pengarahan merupakan sebuah proses dimana selama kurang lebih sekitar setengah jam, seorang pemimpin suatu perusahaan memberikan pengarahan atau berbicara kepada karyawannya. Biasanya topik yang dibicarakan yaitu mengenai informasi yang relevan bagi karyawan dari atasannya langsung. Untuk melakukan briefing atau pengarahan, selalu dijadwalkan terlebih dahulu baik kapan dan dimananya.
 
Namun tak semua orang dapat memberikan pengarahan secara mudah. Seringkali kebanyakan orang merasa grogi untuk berbicara di depan umum. Seperti yang dilansir oleh ehow, terdapat tiga langkah untuk memberikan pengarahan di kantor agar tak merasa grogi.

1. Ketahui jenis briefing

Identifikasikan terlebih dahulu, apakah briefing bersifat formal atau informal. Dengan begitu Anda akan mengetahui topik pembicaraan seperti apa yang akan disampaikan. Anda juga perlu mengetahui berapa lama waktu briefing yang dijadwalkan. Sehingga bahan pembicaraan yang Anda siapkan sesuai dengan batas waktu yang telah dijadwalkan.

2. Ketahui siapa audiensnya

Ketahuilah siapa audiensnya yang akan diberikan pengarahan. Apabila Anda akan memberikan pengarahan kepada satu tim kerja Anda, maka Anda harus menyesuaikan bagaimana caranya untuk memberikan pengarahan dengan rekan kerja satu tim. Sehingga apa yang disampaikan dapat lebih enak didengar oleh teman satu tim dan tidak terlalu bossy. Jika Anda sudah mengetahui audiensnya siapa maka akan mempermudah Anda untuk menyesuaikan dengan siapa Anda akan berbicara dan Anda memberikan pengarahan kepada mereka tanpa menimbulkan perasaan grogi. 

3. Ciptakan suasana yang nyaman

Buatlah suasana briefing senyaman mungkin. Anda juga perlu membuat pendengar Anda memperhatikan Anda sewaktu Anda memberikan pengarahan. Terkadang memang kerap bukanlah hal yang mudah. Dengan begitu Anda perlu memberikan sedikit unsur lelucon agar pendengar tidak merasa bosan dan suasana briefing menjadi tidak tegang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar