Kamis, 05 Januari 2012

Ingin Anak Sukses di Sekolah? Ajarkan Rutinitas!

imgSebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa mengajari anak untuk memiliki rutinitas bisa membuatnya sukses di sekolah. Rutinitas di sini misalnya, anak memiliki waktu makan dan tidur yang teratur.
 
Penelitian tersebut dilakukan oleh Prince's Trust, sebuah lembaga amal dari Inggris yang berdiri sejak 1976. Dalam penelitian tersebut mereka meneliti 2.136 anak muda berusia 16-25 tahun.

Dalam penelitian itu terungkap 10 murid yang gagal berprestasi di sekolah (setidaknya memiliki lima nilai C), tidak punya waktu tidur yang sama. Anak-anak muda dengan nilai sekolah lebih rendah juga tidak memiliki waktu makan yang rutin.

"Tidak adanya rutinitas dalam kehidupan anak muda bisa memberikan dampak yang mengecewakan. Tanpa adanya dukungan yang baik, remaja yang tidak punya arah ini bisa jadi remaja yang tidak terurus, tidak percaya diri, tidak berkualitas dan tak punya pekerjaan," ujar Chief Executive Prince's Trust Martina Milburn seperti dikutip Telegraph.

Penelitian Prince's Trust juga menemukan 1/4 dari anak-anak muda yang disurvei ternyata tidak pernah mengatur waktu tidur mereka. Hasil temuan penelitian itu pun sejalan dengan keluhan para guru di Inggris. Para guru mengeluh kini semakin banyak anak-anak yang terlihat terlalu lelah untuk berkonsentrasi saat belajar karena malam sebelumnya mereka menonton televisi atau main games di komputer.

Memang salah satu hal tersulit adalah mengajari anak untuk memiliki waktu tidur yang sama atau jam tidur teratur. Tapi bukan berarti Anda menyerah dan tak mencoba melakukannya.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari kidshealth:

1. Langkah pertama agar anak mau pergi tidur tanpa banyak keributan adalah dengan membuat rutinitas. Saat anak tidur di waktu yang sama setiap harinya, tubuh mereka akan beradaptasi dan mereka akan mengantuk dengan mudah.

2. Sangat penting untuk membatasi kegiatan yang menstimulasi mental dan fisiknya seperti menonton televisi, bermain komputer atau permainan yang melibatkan fisik. Usahakan anak-anak tidak melakukan kegiatan tersebut beberapa jam sebelum mereka tidur. Kegiatan yang lebih menenangkan seperti membaca, menggambar adalah pilihan yang lebih baik.

3. Salah satu cara membuat anak mood untuk pergi tidur adalah dengan membacakan mereka cerita atau memperdengarkan musik yang lembut. Kegiatan ini selain menenangkannya, juga membuat anak terbiasa di otak mereka kalau dengan melakukan aktivitas tersebut artinya sudah waktunya tidur.

4. Pastikan anak merasa nyaman sepanjang malam, misalnya dengan meletakkan mainan favoritnya di tempat tidur atau benda-benda lainnya yang ia sukai.

5. Pakaian yang dikenakan anak selama tidur juga harus nyaman, jangan terlalu ketat, panas dan tipis.

6. Begitu anak sudah berada di tempat tidurnya dan terlihat mulai mengantuk, tinggalkan kamarnya. Biarkan anak belajar untuk tertidur sendiri tanpa bergantung pada kehadiran orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar