Rabu, 07 Desember 2011

Ini Alasan Kopi Susu Tak Baik untuk Kesehatan Gigi

img Kopi susu kerap kali menjadi 'teman' agar tidak mengantuk saat sibuk bekerja. Namun di balik kenikmatannya itu, kopi susu ternyata menyimpan bahaya bagi kesehatan gigi Anda.

Pakar kesehatan gigi Heidi Hackett percaya, minuman ini memicu perkembangan karies pada gigi. Mayoritas pasiennya yang minum kopi susu berjam-jam di depan komputer lebih cenderung mengalami gangguan pada gigi.

Paparan kronis terhadap laktosa atau gula susu, memberikan bakteri dalam mulut kemampuan untuk berkembang biak lebih banyak. Menurut Heidi, laktosa menjadi bahan bakar cair yang membantu metabolisme bakteri.

Seperti yang dikutip dari Geniusbeauty, karies bisa terjadi karena dipicu dari Streptococcus mutans. Bakteri ini mengubah gula dan karbohidrat menjadi asam. Kemudian, asam mengorosi enamel sehingga menyebabkan gigi berlubang.

Oleh sebab itu, Heidi menyarankan agar menghabiskan segelas kopi susu dalam waktu 15 menit. saja. Tetapi bila kopi susu dikonsumsi dengan frekuensi sangat sering atau sepanjang hari, maka kesehatan gigi bisa terancam karena bakteri.

Untuk atasi masalah itu, jangan lupa untuk meminum air putih setelah meminum kopi susu untuk mengurangi bakteri berkembang di gigi. Hal ini dikarenakan air putih dapat menetralisir asam. Sebagai alternatif, mengunyah permen karet seusai minum kopi juga dapat merangsang aliran air liur sehingga bisa membersihkan mulut dan mengurangi keasaman.

(eya/eya)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar