Sabtu, 24 Desember 2011

Cara Tingkatkan Rasa Percaya Diri Si Kecil

imgKetika seorang anak merasa percaya diri, dia mampu melakukan segala sesuatu dengan baik. Kreativitasnya berkembang dan dia punya cukup keberanian untuk mengekspresikannya. Namun, rasa percaya diri tidak datang dengan sendirinya. Berikut tiga cara untuk meningkatkan rasa percaya diri si kecil dikutip dari Woman's Day.
 
1. Dorong Dia Untuk Melakukan Tantangan
Ketika Anda melihat si kecil berbakat pada suatu bidang, asahlah kemampuannya dan tantanglah dia untuk melakukan sesuatu yang lebih. Misalnya jika anak Anda berbakat di bidang seni, jangan ikutkan dia di kelas seni klasik tapi tantanglah dia untuk mengikuti kelas seni kontemporer yang lebih dinamis.

"Para orang tua terjebak pada keadaan dimana mereka tidak mau anaknya merasa tidak nyaman. Itu artinya Anda berpikir bahwa anak Anda tidak mampu melakukannya," kata Susan Bartell, PsyD, penulis buku 'The Top 50 Questions Kids Ask'.

Padahal anak-anak perlu didorong untuk melakukan sesuatu yang lebih agar meningkatkan rasa percaya dirinya. Jika mereka gagal pada satu bidang, mereka akan unggul dibidang yang lainnya.

2. Ajari Dia Untuk Berbaur dan Bersosialisasi
"Banyak anak yang tidak percaya diri ketika bergabung dalam sebuah kelompok," kata Eileen Kennedy-Moore, PhD, penulis buku 'Smart Parenting for Smart Kids'. 

Ajak anak Anda untuk mengamati apa yang sedang dilakukan oleh sekelompok anak di depannya, dan mencari 'celah' agar dapat masuk ke dalam kelompok tersebut. Misalnya, jika ada sebuah kelompok anak bermain bola, jangan ajarkan si kecil untuk menanyakan 'Dapatkah aku ikut bermain?', karena hal itu akan menghentikan permainan yang sedang berjalan dan memungkinkan anggota kelompok tersebut menjawab 'Tidak'. 

Lebih baik, ajarkan agr anak Anda menangkap bola yang terlempar keluar dan melempar balik kepada anggota kelompok kemudian langsung berbaur dengan mereka. "Sekarang dia lebih berada dalam permainan karena permainan tetap berjalan ketika dia masuk," lanjut Dr. Moore.

3. Kurangi Rasa Bangga
Menurut Susan Fletcher, PhD, penulis buku Parenting 'In The Smart Zone', daripada sering menyatakan rasa bangga terhadap anak setelah dia menyelesaikan sesuatu dengan benar, ada baiknya jik Anda menanyakan kepadanya 'apakah kamu bangga dengan dirimu sendiri?'. Kemudian tanyakan kepada si kecil, apa yang akan dia lakukan untuk mencapai kesuksesan. 

"Membicarakan kemampuan anak dengan mereka secara langsung, dapat meningkatkan rasa percaya dirinya," terang Fletcher.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar