Jumat, 23 Desember 2011

6 Cara untuk Mencegah Kram pada Kaki

imgKram atau yang biasa disebut kejang otot bisa terjadi kapan dan di mana saja, termasuk jari-jari kaki. Untuk mencegahnya terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar peredaran darah di jemari kaki menjadi lebih lancar dan tidak mudah alami kram.
 
Kram biasanya terjadi karena ukuran sepatu yang terlalu ketat atau kebiasaan sering berolahraga di atas permukaan yang keras tanpa alas kaki. Ketidakseimbangan cairan dan mineral tubuh juga bisa memicu terjadinya kram otot pada jemari kaki. Seperti yang dikutip dari detikHealth, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kram pada jari kaki.

1. Pilih sepatu yang longgar
Sepatu yang terlalu ketat di bagian ujung membuat jari kaki sering mengalami tekanan saat melangkah, apalagi saat berjinjit. Akibatnya aliran darah di tempat itu kurang lancar sehingga jari mudah kram.

2. Jauhi Hak Tinggi
Kalaupun terpaksa harus mengenakan hak tinggi, sesekali lepaskan agar jari kaki punya kesempatan untuk istirahat. Sekalipun ukurannya longgar, bentuk sepatu hak tinggi menyebabkan jari selalu menekuk sehingga aliran darah tidak lancar.

3. Cukupi Kebutuhan Mineral Tubuh
Salah satu pemicu kram pada jari kaki adalah kekurangan mineral terutama kalsium, kalium dan magnesium. Asupan minimal yang disarankan adalah 1.000 mg kalsium dan 4,7 gram kalium setiap hari. Khusus magnesium, anjuran per harinya adalah 400-420 mg untuk pria dan 310-320 mg untuk wanita.

4. Jaga Keseimbangan Cairan Tubuh
Kekurangan cairan tubuh juga merupakan faktor risiko terjadinya kram otot, termasuk di jari kaki. Perbanyak minum air putih terutama saat melakukan olahraga berat dan banyak mengeluarkan keringat.

5. Pijat atau Rendam di Air Hangat
Banyak cara untuk melancarkan peredaran darah di kaki, namun yang paling mudah dan nyaman untuk dilakukan adalah sering-sering memijatnya. Cara lain yang cukup menyenangkan adalah sering-sering merendam dalam air hangat.

6. Olahraga Jari Kaki
Tidak butuh peralatan khusus untuk melatih kelenturan dan kekuatan jari kaki. Cukup dengan menggerak-gerakkannya untuk mengambil handuk atau kelereng di lantai sambil berdiri misalnya, atau gerakkan saja sesuka hati sambil duduk santai menonton.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar