Jumat, 27 April 2012

Rahasia Pernikahan Langgeng: Cukup Katakan, 'Ya'!

img Seberapa sering Anda menolak permintaan pasangan? Menurut seorang penasihat pernikahan, salah satu rahasia pernikahan langgeng sebenarnya adalah dengan selalu mengatakan ya, pada apa yang diminta pasangan.
 
Hal itu diungkapkan oleh Jenna Couture, pakar pendidikan seks dan pernikahan asal Amerika Serikat. Jenna tentu bukan tanpa sebab membeberkan salah satu resep pernikahan langgeng itu. 

Resep tersebut didapatnya dari pasangan yang pernikahannya sudah bertahan lama. Menurut pasangan tersebut, yang membuat pernikahan mereka bertahan lama sebenarnya mudah saja, 'kami hanya mengucapkan kata ya'.

Tentu saja, kata 'ya' diucapkan untuk permintaan yang masuk akal. Misalnya saja ketika istri minta diambilkan air minum, aktivitas apapun yang tengah dilakukan, si suami akan berhenti dan mengambilkannya. 

Hal tersebut berlaku juga sebaliknya. Si istri juga akan berhenti melakukan aktivitasnya, ketika suaminya mengajukan suatu permintaan. Dalam kasus seperti ini, yang perlu ditekankan adalah baik si suami maupun istri, tidak saling memanfaatkan.

Menurut Jenna, di zaman sekarang ini tidak banyak pasangan yang mempraktekkan sikap suami-istri seperti contoh kasus di atas. Hanya sedikit suami atau istri yang berusaha menjadikan pasangannya sebagai prioritas mereka.

Apa yang diungkapkan Jenna di atas sejalan dengan pendapat Dr. Noelle Nelson. Nelson merupakan psikolog yang sudah 20 tahun lebih berkecimpung di masalah seputar pernikahan.

Seperti dikutip She Knows, Nelson mengatakan dua hal yang bisa membuat pasangan tetap setia adalah dengan memberinya perhatian dan pujian. Perhatian itu sama seperti yang dijelaskan Jenna, dengan selalu menjadikan pasangan sebagai prioritas dan sebisa mungkin selalu mengatakan 'ya' ketika dia mengucapkan satu permintaan.

Sementara untuk pujian, selama ini suami atau istri lupa memberikan apresiasi pada pasangannya karena sudah merasa terbiasa atas segala hal yang dilakukan. Padahal apresiasi sangat penting, meskipun itu hanya untuk hal kecil.

Dr. Nelson menjelaskan lagi, apresiasi juga mengingatkan suami hal-hal apa yang membuat Anda jatuh cinta padanya, misalnya senyumannya, humornya, kasih sayangnya pada anak- anak. Apresiasi pun membuat pria tahu kalau Anda memang memperhatikan apa yang dikerjakannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar