Kamis, 26 April 2012

Tips Olahraga di Kantor untuk Atasi Lelah Saat Bekerja

imgTentunya Anda sering merasa lelah atau pegal duduk seharian di belakang layar komputer. Untuk itu, Anda bisa berolahraga agar terhindar dari penyakit duduk terlalu lama. Namun, olahraga seperti apa yang baik dilakukan saat berada di kantor?
 
“Banyak olahraga yang bisa dilakukan, jalan keluar dari tempat duduk Anda, squat dengan menggeser kursinya sebentar, atau melakukan gerakan yoga di tempat,” papar Henry, seorang physical exercise consultant saat berbincang dengan wolipop melalui telepon, Rabu (25/04/2012).

Olahraga di kantor juga penting sebagai penunjang kesehatan tubuh ketika kurang beraktivitas. Berjalanlah ke luar dari kursi untuk ke kamar mandi, pantry atau menghampiri atasan ke ruangannya. Ketika leher merasa lelah, coba duduk dengan posisi tegak, lalu lakukan stretching dengan memiringkan leher ke arah pundak secara perlahan, tahan selama 10 detik. Lakukan kembali beberapa kali.

Jika Anda merasa pegal di pundak, lakukan gerakan dengan posisi duduk tetap tegak. Angkat pundak ke atas hingga mendekati telinga, tahan selama 5 detik. Kemudian, turunkan kembali pundak pada posisi normal, ulangi lagi sehingga otot sekitar bahu bisa beraktivitas.

Selama di kantor, Anda harus memperhatikan apakah layar komputer sudah sejajar dengan mata. Pria 39 tahun lulusan Universitas Atma jaya ini menyarankan, saat mata merasa lelah coba olahraga mata dengan memutar bola mata ke kanan, kiri, atas dan bawah beberapa kali. Setiap 30 menit, coba alihkan pandangan mata dari komputer ke arah lain, misalnya ke jendela, jam dinding atau televisi yang terdapat di dalam ruangan guna mengistirahatkan mata sejenak.

Selain itu, perhatikan pula asupan air Anda selama di kantor. Jangan malas minum supaya tubuh mendapatkan banyak cairan. Dengan berjalan mengisi ulang air, Anda juga membiarkan otot-otot kaki lebih banyak bekerja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar