Sabtu, 28 April 2012

Cara Menghindari Gigi Sensitif


Terlalu rajin menggosok gigi atau lupa membersihkan gigi, keduanya membuat gigi sensitif.


Apakah Anda selalu mengalami ngilu ketika menyantap makanan dingin, atau terlalu panas, terlalu manis, dan terlalu asam?
Ini pertanda gigi Anda termasuk dalam golongan sensitif. Namun, sensitivitas gigi pada setiap orang berbeda-beda. Rasa sakit yang dimunculkan karena gigi sensitif ini dapat menyerang beberapa saat. 

Sensitivitas dentinal terjadi, ketika email pada gigi telah terkikis, sehingga bagian tengah gigi akan terlihat. Sementara itu, sensitivitas pulpa terjadi karena kerusakan saraf pada jantung gigi.
Bedanya, rasa sakit sensitivitas pulpa hanya terjadi pada satu gigi yang mengalami kerusakan, sedangkan rasa sakit karena sensitivitas dentinal terasa pada semua gigi.
Faktor penyebab yang kerap terjadi adalah cara menyikat gigi yang salah. Terkadang kita menggosok gigi dengan sangat kuat, karena menginginkan gigi yang benar-benar bersih. Ini justru kesalahan besar! Enamel dan lapisan pelindung gigi juga ikut terkikis, sehingga bagian dalam gigi terasa ngilu saat terkena asam. 
Cara menyikat gigi yang tidak benar juga dapat menyebabkan daya cengkeram gusi terhadap gigi melemah. Posisi gusi akan turun, sehingga akar gigi lebih mudah terkena asam. Tanda-tandanya, gigi akan mudah digoyang-goyangkan.
Membersihkan gigi sekarang menjadi hal yang membutuhkan ketelitian, baik dalam cara menyikat maupun konsistensinya. Jika Anda sering lupa menyikat gigi, ini juga akan menjadi masalah. Kadar asam dalam mulut semakin tinggi, sehingga gigi mudah rapuh. Gigi yang rapuh adalah surga bagi plak yang akan membuat gigi menjadi sensitif.

Bagaimana dengan kebiasaan mengonsumsi buah atau minuman asam. Sama dengan menggosok gigi terlalu keras, enamel pada gigi pun akan mudah terkikis.

Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan gigi sehat. Salah satunya dengan memilih sikat gigi lembut dan menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoridesebagai penguat.
Hindari makanan yang membuat Anda sulit untuk mengunyah dan menelan dengan kecepatan normal makan Anda. Jika Anda tetap meneruskan dan tidak peduli, gigi Anda akan lebih cepat sensitif terhadap rasa panas, dingin, dan asam.

Untuk gigi yang sudah telanjur sensitif, Anda masih dapat melakukan pengobatan sesuai dengan kondisi gigi. Perawatan bonding untuk melindungi email gigi yang terkikis, fluorideuntuk melapisi akar gigi yang terekspos, dentin seales sebagai proteksi terhadap akar gigi, dan root canal treatment yang dikhususkan untuk sensitivitas pulpa. (art)
•sumber: VIVAnews   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar