Sabtu, 19 November 2011

3 Cara Tetap Fit Tanpa Harus ke Pusat Kebugaran


img
(Foto: Thinkstock)
Kesibukan atau cuaca buruk seringkali mengganggu acara berolahraga ke pusat kebugaran. Tidak perlu kecewa, sebab untuk membakar kalori tidak hanya bisa dilakukan di tempat fitnes saja.

Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan jika tidak dapat menyempatkan diri mengunjungi pusat kebugaran, seperti dilansir FitSugar.com, Jumat (18/11/2011):

1. Putar DVD
Ada berbagai macam latihan yang dapat dipilih dan instruktur yang memotivasi sambil mengajari bentuk latihan fisik yang baik. Karena latihan kebugaran lewat DVD bersifat terstruktur, seringkali apa yang ditayangkan lebih dari yang diperlukan untuk latihan fisik di rumah.

2. Aktifitas di luar rumah
Berjalan kaki adalah salah satu cara termudah untuk mengganti olahraga di pusat kebugaran. Olahraga di luar ruangan dapat membantu mencegah pilek dan flu dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Lagi pula, pusat kebugaran adalah salah satu tempat yang banyak dipenuhi kuman karena berkumpulnya banyak orang setelah beraktifitas seharian.

3. Lakukan latihan fisik dimana saja
Naik turun tangga di tempat kerja, squat jump, berjalan-jalan saat berbicara lewat telepon, atau temukan cara-cara lain sebanyak mungkin untuk bergerak sepanjang hari. Lima menit latihan fisik saja sudah cukup untuk membakar kalori.

Rutin melakukan olahraga banyak memberikan manfaaat seperti menurunkan kadar gula darah. Karena saat berolahraga, otot mengambil gula dalam bentuk glukosa untuk diolah sebagai sumber tenaga.

Hasil olahan glukosa yang kemudian disimpan di otot adalah senyawa baru yang disebut glikogen. Jika massa otot semakin besar, ruangan untuk menyimpan glikogen makin banyak sehingga gula yang diolah bisa lebih banyak dan ini bisa mengurangi kadar gula darah.

Sebaliknya jika massa otot sedikit, glukosa tidak akan diolah menjadi glikogen karena ruang penyimpanannya terbatas. Akibatnya kelebihan glukosa akan disimpan sebagai lemak, yang jika menumpuk lama-kelamaan dapat memicu resistensi atau gangguan fungsi insulin.

sumber:detikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar