Sabtu, 19 November 2011

Di Balik Rahasia Jus Ceri

Para relawan yang mengosumsi jus ceri mengaku tidak mengantuk di siang hari.


Finalia Kodrati
Jus Ceri (Genius Beauty)

 Di balik bentuknya yang kecil, ternyata buah ceri memiliki beberapa manfaaat. Salah satunya adalah untuk membantu memperbaiki kualitas dan juga durasi tidur malam sehingga seseorang bisa menjalani aktivitasnya dengan baik di siang hari.

Para ilmuwan dari School of Biological Sciences, Universitas Northumbria mengungkapkan jus ceri dapat meningkatkan kualitas tidur. Para peneliti merekomendasikan jus ceri bisa meningkatkan konsentrasi melatonin, hormon yang mengatur tidur. Dengan meningkatnya kualitas tidur, maka saat bangun tubuh akan teras lebih segar dan siap menjalani kegiatan.

Seperti dikutip dari Genius Beauty, untuk melakukan penelitian tersebut, peneliti mengumpulkan 20 orang relawan. Selama sepekan, mereka mengosumsi 30 mili liter jus ceri atau jus lain setiap harinya.

Untuk mengevaluasi tingkat melatonin, para ahli mengumpulkan sampel urin sebelum dan setelah percobaan. Selain itu, para relawan juga mengenakan jam tangan pelacakan sensor siklus tidur dan terjaga.

Dari hasil itu, ditemukan bahwa para peserta yang minum jus ceri mengalami peningkatan 15 sampai dengan 16 persen konsentrasi melatonin dalam urin. Mereka juga tidur 25 menit lebih lama, dan kualitas tidur meningkat 5 sampai dengan 6 persen.

Para relawan yang mengosumi jus ceri mengatakan mereka tidak mengantuk pada siang harinya. Sebelumnya, para ilmuwan juga telah menemukan manfaat lain yang menyenangkan dari jus ceri. Yakni kemampuan untuk mengurangi nyeri otot.

Dengan fakta tersebut, sepertinya tidak salah untuk menambahkan sedikit jus ceri yang segar ini dalam menu diet harian Anda.
sumber:vivanews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar