Sabtu, 17 Desember 2011

5 Makanan untuk Mencegah Keriput/Penuaian Dini

 Keriput menjadi masalah utama yang banyak dikhawatirkan banyak wanita. Bagaimana tidak, keriput menjadikan kulit kendur dan tampilan tampak tidak prima lagi. 

Untuk menjaga kulit tetap awet muda, mengonsumsi makanan tertentu dapat menghindari sekaligus mencegah kerut. Seperti mengonsumsi mangga dan kedelai. Kedua makanan tersebut ternyata efektif untuk mencegah guratan-guratan halus muncul di wajah. Selain mangga dan kedelai, masih ada beberapa makanan super lainnya untuk cegah penuaan dini, ini dia di antaranya; 
1. Mangga
Sering makan mangga ternyata baik untuk kulit. Mangga dapat mencegah kerut dan mengurangi jerawat. "Mangga kaya akan beta karotin (vitamin A) yang merupakan anti oksidan terkuat. Anti oksidan berfungsi untuk melawan penuaan dini. Selain itu, vitamin A juga mampu menangkal jerawat. Vitamnin A sering direkomendasikan menjadi resep untuk menghilangkan jerawat," tutur Dr Apratim Goel, seorang dermatologis, seperti dikutip dari iDiva.

2. Kedelai
Seperti dilansir Fashion Hub, penuaan membuat hilangnya estrogen yang berperan untuk menjaga elastisitas kulit. Kedelai memiliki kandungan fitoestrogen untuk membantu tubuh menghasilkan lebih banyak estrogen yang dapat mengurangi keriput dan garis-garis halus. Selain dikonsumsi, kedelai juga bisa dijadikan masker. Caranya, hancurkan kedelai yang telah ditambah sedikit air, lalu terapkan pada wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Perawatan ini bisa digunakan seminggu tiga kali.
3. Tomat
Tomat dipercaya dapat mencegah kerutan akibat sinar matahari. Seperti dilansir GalTime, tomat mengandung Lycopene, yang merupakan salah satu antioksidan dan dapat mengurangi proses penuaan dini-yang disebabkan karena seringnya kulit terpapar langsung dengan sinar matahari. Untuk itu, jangan lupa tambahkan tomat dalam setiap santapan Anda.

4. Jeruk
Menurut penelitian dari National Health and Nutrition Examination, konsumsi vitamin C dan asam linoleat (asam lemak tak jenuh) dapat menurunkan tanda-tanda penuaan, seperti memudarkan kerut. Namun tim dokter peneliti tidak menyarankan untuk mengomsumsi suplemen vitamin C. Lebih disarankan mendapatkan vitamin C alami, seperti jeruk, stroberi, kiwi dan pepaya. Sedangkan asam linoleat bisa didapat kacang, biji rami dan tahu. Untuk mendapatkan kedua nutrisi dalam satu makanan, cobalah makan brokoli dan kangkung.
5. Teh Hijau
Teh hijau mengandung antioksidan alami, yang dapat menetralkan bahaya radikal bebas pada kulit, yang dapat merusak sel-sel kulit hingga munculnya kerutan. Nah, berkat teh hijau, radikal bebas yang disebabkan oleh polusi, asap rokok, sinar matahari bisa dibuang.

(kik/kik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar