Minggu, 11 Desember 2011

Cegah Flu dengan Selalu Mengantongi Pulpen


img
foto: Thinkstock
 Virus flu sangat mudah menular, terutama saat cuaca tidak menentu karena daya tahan tubuh cenderung melemah. Banyak cara untuk mencegah penularan flu, salah satunya dengan memastikan selalu ada pulpen di kantong ataupun di dalam tas.

Sepintas terdengar tidak masuk akal dan agak sulit membayangkan bahwa sebatang pulpen akan dapat mengurangi risiko penularan flu. Benda seremeh pulpen yang harganya tak seberapa itu biasanya tersedia di mana-mana, lalu untuk apa repot-repot membawa sendiri?

Namun coba bayangkan jika tidak membawa pulpen, maka segala aktivitas tulis menulis harus dilakukan dengan pulpen umum. Menulis pesanan menu makan di restoran, tanda tangan struk penggunaan kartu kredit, hingga mengisi daftar hadir di pesta pernikahan, semua memakai pulpen milik umum.

Dalam sehari, pulpen umum yang tersedia di restoran atau supermarket tentu sudah digunakan oleh puluhan atau mungkin malah ratusan orang. Jika ada beberapa saja yang flu kemudian bersin dan droplet atau bercak dahaknya menempel di pulpen, maka risiko penularan akan sangat besar.

Selalu membawa pulpen pribadi tentu tidak sulit untuk dilakukan, karena benda ini bisa dikantongi atau diselipkan dalam tas tenteng yang kecil sekalipun. Namun dari langkah yang sanat sederhana ini, risiko tertular flu bisa dicegah atau paling tidak akan berkurang.

"Di musim flu, pulpen sangat mungkin menjadi media penularan virus. Dengan membawa pulpen sendiri, risiko tertular akan berkurang sangat signifikan," ungkap Prof Neil Schachter, dokter spesialis paru dari Mount Sinai School of Medicine seperti dikutip dari Liverightlivewell, Minggu (9/10/2011).

Prof Schachter mengatakan, ia selalu menyarankan pasiennya untuk bawa pulpen sendiri karena terinspirasi ayahnya yang juga seorang dokter. Ketika masih berpraktik di era 1940-an, sang ayah tidak pernah mau memakai pulpen umum sehingga jarang terkena flu.

Selain menyarankan untuk bawa pulpen sendiri, Prof Schachter juga menyarankan untuk rajin-rajin mencuci tangan. Sesudah menyentuh benda-benda yang dipegang banyak orang, misalnya pegangan pintu dan tombol lift, sebaiknya tangan segera dicuci dengan sab
(up/ir
sumber:detikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar