Rabu, 14 Desember 2011

7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Panjang Umur

Usia panjang manusia memang ditentukan kuasa Tuhan. Namun bukan berarti kita bisa semena-mena menjalaninya. Berikut ini tujuh cara yang dipercaya medis bisa dilakukan untuk memperpanjang usia.
1. Minum Susu
Seperti yang dikutip dari Health, peneliti di Inggris menemukan bahwa rajin minum susu dapat mengurangi ancaman jantung koroner dan stroke hingga 20%. "Temuan kami jelas menunjukkan bahwa ketika jumlah kematian dari serangan jantung, stroke dan kanker colo-rectal dihitung ada bukti kuat dari keseluruhan pengurangan risiko mati dari penyakit kronis akibat konsumsi susu," kata Profesor Ian Givens, dari University of Reading.

2. Berjalan Cepat
Ada cara sederhana untuk memperpanjang umur Anda, yakni dengan cara menambah kecepatan langkah saat berjalan kaki. University of Pittsburgh menjelaskan bahwa mereka yang berjalan lebih cepat 0,1 meter/detik, terhubung dengan penurunan risiko kematian sebesar 12%. Sedangkan mereka yang berusia 75 hingga 84 tahun, 92% dari mereka yang suka berjalan cepat (1,4 meter/detik atau lebih cepat), hidup 10 tahun lebih lama ketimbang mereka yang lebih lambat (35% wanita berjalan lambat = 0,4 meter/detik).

3. Berteman Baik dengan Rekan Kerja
Sebuah studi dari Jurnal Health Pscychology menjelaskan mereka yang hubungan sosialnya kurang baik di kantor berisiko mati lebih cepat dalam kurun waktu 20 tahun. Studi jurnal PLoS Medicine tahun lalu juga telah menemukan orang yang memiliki koneksi kerja yang buruk, mati lebih cepat dalam kurun waktu 7,5 tahun, seperti yang dilaporkan oleh Time. "Tempat kerja harus menjadi tempat yang bisa diandalkan untuk mendapatkan dukungan emosional," ujar Dr Sharon Toker dari Tel Aviv University kepada The Telegraph.

4. Belanja
Sebuah penelitian yang dilakukan selama 10 tahun oleh Taiwan's National Health Research menunjukkan bahwa belanja setiap hari akan membuat seseorang memiliki rata-rata persentase 25% umur yang lebih panjang dan tubuh lebih bugar. Wanita yang berbelanja setiap hari memiliki persentase 23% umur yang lebih panjang. Sedangkan bagi seorang pria, berbelanja dapat memberikan umur panjang sebesar 28%.
5. Bersihkan Gigi dengan Dental Floss
Menyikat gigi minimal dua kali sehari bisa mencegah gigi dari keropos, gigi berlubang dan pembentukan plak. Ditambah dengan dental floss, Anda punya kemungkinan hidup enam tahun lebih lama. Dalam bukunya 'YOU: The Owner's Manual', Dr Michael Roizen dan Dr Mehmet C. Oz menulis, flossing dan menyikat gigi setiap hari, ditambah dengan rajin mengecek kesehatan gigi ke dokter secara rutin, bisa membuat Anda hidup lebih lama.

6. Minum Teh
Minum teh bisa membantu Anda hidup lebih lama, menurut penelitian yang dilakukan hampir di seluruh dunia. Dalam penelitian tersebut, 2.000 wanita China yang minum teh hijau secara rutin (ditambah diet makanan jamur) bisa mengurangi risiko kanker hingga 90 persen. Sementara itu, penelitian pada 40.000 wanita dan pria Jepang yang minum teh hijau lima cangkir sehari menurunkan kemungkinan mereka terkena stroke dan penyakit jantung.

7. Konsumsi Vitamin D
Konsumsilah vitamin D per hari dan Anda mungkin bisa berumur lebih panjang. Studi yang dilakukan pada 2007 terhadap 57 ribu orang dewasa di Eropa, Amerika Serikat dan Inggris menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin D, risiko kematiannya berkurang tujuh persen. Vitamin D diketahui punya beberapa manfaat bagi kesehatan, antara lain memperkuat sistem imun dan tulang. Vitamin D juga menurunkan risiko diabetes, kanker, tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal.
sumber:wolipop.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar