Jumat, 16 Desember 2011

9 Biang Keladi Tumbuhnya Uban

Hilangnya pigmen rambut ini seringkali menghinggapi mereka yang masih berusia muda.


Pipiet Tri Noorastuti
Rambut bebas uban (dok. Corbis)

 Uban merupakan salah satu tanda penuaan seiring pertambahan usia. Namun, hilangnya pigmen rambut ini seringkali menghinggapi mereka yang masih berusia muda, bahkan anak.

Mengapa? Berikut beberapa faktor yang menjadi biang keladi tumbuhnya helaian rambut putih keperakan itu, seperti dikutip dari Good to Know. 

1. Stres
Penelitian Universitas Duke mengungkap bahwa stres menjadi salah satu pemicunya. Penelitian itu menunjukkan bagaimana tekanan dalam pikiran akan memicu tubuh memproduksi zat yang dapat merusak DNA, sehingga memengaruhi kondisi fisik.

Studi lain menyebut bahwa stres memicu radikal bebas yang dapat memengaruhi produksi melanin, pigmen yang bertanggung jawab terhadap warna rambut. Meski hanya faktor kecil yang dapat mempercepat pemutihan rambut, pengendalian stres tetap penting untuk mencegah risiko yang ada.

2. Merokok 

Sejumlah studi mengungkap bahwa merokok telah terbukti secara ilmiah menyebabkan penuaan dini di dalam tubuh. Menghentikan kebiasaan buruk ini akan meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat memengaruhi penundaan munculnya uban.

3. Minum

Kurangi asupan kafein dan alkohol dan menggantinya dengan konsumsi air putih yang cukup untuk menghidrasi tubuh. Perhatikan pula beberapa santapan seperti gorengan, makanan pedas dan asam yang dapat mempercepat dehidrasi. Kurangnya kelembaban dalam tubuh atau dehidrasi akan menghambat nutrisi mencapai folikel rambut, sehingga memicu uban.

4. Copper

Kekurangan zat copper dalam tubuh dapat mempercepat tumbuhnya uban. Zat ini banyak terkandung dalam makanan seperti lobak, kacang-kacangan, ubi jalar, bayam, dan daging. Zat penutrisi rambut ini juga ditemukan di blackberry, nanas, delima, almond, dan biji labu.

5. Yodium 

Makanan kaya yodium antara lain wortel dan bayam. Memenuhi zat gizi ini tak hanya dapat memperlambat tumbuhnya uban, tapi juga menunjang kesehatan tubuh.

6. Protein

Diet tinggi protein sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Coba perbanyak konsumsi daging minim lemak seperti kalkun dan ayam untuk memenuhi kebutuhan protein. Misalnya, jika Anda memiliki roti, seimbangkan dengan telur rebus untuk protein ekstra.

7. Tidur

Berapa jam Anda tidur malam? Usahakan bisa memenuhi waktu tidur delapan jam semalam demi mencapai kualitas yang baik. Selain membuat tubuh relaks, pola tidur yang baik juga berperan dalam meremajakan sel-sel tubuh, sekaligus mengurangi tingkat stres.

8. Vitamin B12 

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan tumbuhnya uban di usia muda. Perbanyak konsumsi makanan kaya vitamin B12 seperti telur, keju, daging sapi, pisang, ikan, dan daging domba.

9. Sirkulasi darahKelancaran aliran darah sangat penting mencegah rambut uban. Tidak ada gunanya makan semua vitamin dan mineral jika mereka tidak dapat mencapai kulit kepala dan rambut. Untuk meningkatkan sirkulasi darah, berolahraga teratur adalah cara terbaik. Bisa juga, pijat kulit kepala dengan ujung jari selama 5-10 menit setiap hari. (umi)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar