Rabu, 14 Desember 2011

6 Dessert Sehat Bagi Anda yang Berdiet

imgSatu scoop es krim, pudding cokelat dengan lelehan fla atau cheesecake mungkin menjadi hidangan penutup yang sempurna setelah menyantap makan siang atau malam.

Semua makanan itu tentu saja tidak dianjurkan bagi Anda yang berdiet, karena kandungan gula dan kalori yang tinggi. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa menikmati dessert (hidangan pencuci mulut) setelah makan. Coba buat beberapa dessert yang aman dan sehat untuk dikonsumsi, seperti yang dikutip dari Ourvanity.

1. Salad Buah
Salad buah bisa menjadi salah satu pilihan untuk pencuci mulut yang sehat, namun perhatikan kombinasi buah dan sausnya. Pisang, mangga dan buah-buahan jenis berry sudah cukup untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral. Jangan gunakan saus mayonnaise atau thousand islands, melainkan campuran jus lemon dan yoghurt tawar. Variasikan menu salad buah secara berkala agar tidak membosankan, misalnya kombinasi jeruk-apel-anggur di minggu ini atau kiwi-melon-pisang di minggu berikutnya.

2. Buah Celup Cokelat
Setelah memakan makanan berat, biasanya Anda akan tergoda untuk mengonsumsi makanan manis. Daripada mengonsumsi cake cokelat atau es krim yang kaya lemak dan kalori, gantilah pilihan Anda dengan potongan buah yang dicelup cokelat. Anda bisa memilih stroberi, jeruk sunkist, melon atau berbagai buah lainnya. Tapi ingat, hanya gunakan jenis dark chocolate, bukan milk atau white chocolate. Dark chocolate lebih rendah gula dan kalori, juga memiliki antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas. Selain itu, cokelat hitam juga kaya akan flavonoid yang menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

3. Apel Panggang
Apel panggang merupakan dessert sehat dengan rasa yang lezat dan mudah dibuat. Potong apel menjadi dua, lubangi bagian tengahnya kemudian isi dengan madu atau dark chocolate. Oleskan sedikit gula dan mentega, lalu panggang dalam oven bersuhu 175 derajat Celcius selama 15 menit. Dessert lezat dan sehat pun siap dinikmati.

4. Kurma
Buah kurma tidak hanya memiliki rasa yang sangat manis dan lezat, tapi juga banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kurma mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, antioksidan, kalsium, magnesium dan beta-karoten. Kurma bisa dinikmati sendiri, atau dihidangkan bersama teh dan susu rendah lemak.

5. Frozen Yogurt
Jika keinginan untuk makan es krim sudah tak tertahankan, Anda bisa mengalihkannya ke frozen yoghurt. Coba buat frozen yoghurt sendri; caranya dengan menyampurkan buah berry, potongan buah, kacang dan bubuk kayu manis dengan yoghurt tawar. Masukkan dalam freezer hingga membeku.

6. Smoothies
Smoothies bisa jadi pilihat dessert tepat untuk berdiet, selama terbuat dari campuran buah asli dan yoghurt rendah lemak. Pilih buah favorit Anda, bisa buah segar atau beku. Stroberi dengan mangga atau blueberry dengan nanas bisa jadi kombinasi yang tepat untuk rasa. Taruh dalam blender, tambahkan 1/2 cangkir yoghurt rendah lemak lalu proses hingga halus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar