Rabu, 15 Februari 2012

Tips Menyeimbangkan Kehidupan Kerja & Pribadi

img Kebanyakan orang cenderung tidak memiliki keseimbangan antara kehidupan sosial dengan komitmen pekerjaannya. Mengingat keadaan ekonomi seperti sekarang ini, banyak karyawan yang menghabiskan waktu untuk lembur dan bekerja keras demi kehidupan yang lebih baik. Namun, merupakan hal yang penting untuk membentuk suatu keharmonisan antara kehidupan pribadi, sosial dan pekerjaan yang sehat dan seimbang.

Seperti dilansir Savvy Sugar, sering menghabiskan waktu untuk lembur di kantor bukan cara yang baik. Anda harus dapat menyeimbangkan kehidupan pribadi, sosial dan pekerjaan Anda. 
1. Biasakan Hidup Sehat
Biasakanlah untuk hidup sehat. Lakukan olahraga secara rutin dan konsumsilah makanan bergizi. Bila waktu bekerja sudah usai, segeralah pulang ke rumah dan beristirahat tepat pada waktunya. Jangan biasakan diri Anda selalu terjebak di depan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk di kantor. Anda perlu waktu untuk rileks agar keesokan harinya bisa bekerja lebih produktif.

2. Belajar untuk Berani Berkata 'Tidak'
Sebagian besar orang kerap sulit menolak sesuatu atau berkata 'tidak'. Jika rekan kantor mengajak Anda ke pesta atau acara kumpul-kumpul, sebaiknya pikir lagi sebelum mengambil keputusan untuk ikut atau tidak. Apabila kegiatan tersebut hanya membuang-buang waktu, jangan takut untuk menolak ajakan tersebut. Namun jika ajakan tersebut bermakna untuk kemajuan karir, menambah relasi, dan membuat Anda lebih produktif, tidak ada salahnya untuk ikut.

3. Membuat Jadwal
Membuat jadwal di catatan kecil atau kalender juga merupakan salah satu cara untuk membuat keseharian Anda menjadi lebih produktif. Selain aktivitas bisa terorganisir dengan rapih, Anda juga tidak akan keteteran. Segala janji untuk bertemu klien, jadwal olahraga dan pekerjaan yang harus diselesaikan akan terlaksana dengan baik.

4. Prioritaskan Keluarga Saat di Rumah
Tak sedikit orang membawa pekerjaan yang belum selesai di kantor ke rumah. Jika Anda sudah berkeluarga, sebaiknya menghindari kebiasaan tersebut. Memprioritaskan keluarga saat berada di rumah merupakan hal terpenting yang harus dilakukan. Jangan melewatkan kesempatan untuk makan malam bersama keluarga. Menghabiskan waktu bersama keluarga merupakan hal yang tak akan tergantikan.

5. Cukup Tidur
Kebanyakan orang cenderung memiliki waktu istirahat yang kurang. Terlalu semangat bekerja dan memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan, terkadang membuat kita lupa waktu. Jika Anda termasuk orang yang seperti itu, sebaiknya segeralah mengubah kebiasaan tersebut. Selain tidak baik untuk kesehatan, waktu untuk istirahat pun berkurang. Belajarlah untuk menghargai waktu sendiri dengan tidak melewatkan waktu istirahat. Cukup tidur akan membuat hari-hari Anda menjadi lebih produktif dan segar dalam melakukan segala aktivitas.
6. Pulang Kerja Tepat Waktu
Anda perlu menetapkan batasan kapan harus berhenti bekerja dan pulang ke rumah tepat waktu. Jika pekerjaan tersebut harus diselesaikan secepatnya, sebaiknya mengambil waktu tambahan di kantor sekitar 45 menit. Kemudian kembali berkutat dengan pekerjaan, namun hanya menyelesaikan poin-poin terpentingnya saja.

7. Menambah Kegiatan Lainnya
Menambah kegiatan juga merupakan salah satu langkah yang dapat membuat kehidupan menjadi lebih produktif. Disela-sela waktu kosong pada saat akhir pekan, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti kegiatan tambahan seperti kursus bahasa asing atau belajar memasak. Kegiatan tersebut selain untuk mengisi waktu senggang, juga dapat bermanfaat untuk Anda.

8. Ambil Waktu Pribadi untuk Istirahat
Saat jam istirahat di siang hari, Anda perlu mengambil waktu sekitar 15 hingga 20 menit dan manfaatkanlah waktu tersebut untuk keperluan pribadi Anda. Misalnya menelepon kekasih atau suami, membeli camilan di mini market atau membuat daftar tugas yang harus diselesaikan selama seminggu ke depan sambil bersantai di salah satu kedai kopi.

9. Selesai Bekerja Tepat Waktu
Ketika pekerjaan menumpuk dan dikejar deadline, Anda memang perlu menyelesaikan secepatnya agar tidak lewat dari batas waktu. Namun, bukan berarti harus terus menerus lembur di kantor. Jangan ragu dan takut untuk meluangkan waktu di minggu depan dengan selesai bekerja tepat pada waktunya. Karena bagaimana pun juga Anda perlu meningkatkan mood kembali agar tidak jenuh bekerja.

10. Atur Waktu Kerja Saat di Rumah
Apabila diharuskan membawa pulang pekerjaan ke rumah, Anda perlu mengatur batas waktu untuk mengerjakannya. Sebaiknya prioritaskan terlebih dahulu waktu Anda dengan keluarga. Setelah makan malam dan nonton TV bersama keluarga, kemudian luangkan waktu satu hingga dua jam untuk menyelesaikan pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar