Kamis, 16 Februari 2012

7 Cara Sederhana Meredakan Flu

Saat musim hujan tiba, tak sedikit orang yang menderita pilek atau flu berkepanjangan. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda mengetahui tujuh cara sederhana untuk atasi penyakit yang cukup mengganggu aktivitas. Seperti yang dikutip dari Allwomenstalk, berikut tujuh cara tersebut.
1. Istirahat yang Cukup
Memiliki waktu tidur yang cukup dapat merilekskan tubuh serta mengumpulkan energi untuk memerangi virus. Sistem kekebalan tubuh pun akan beraksi dengan baik jika Anda beraktivitas dengan kondisi tubuh tidak kelelahan.
2. Mengonsumsi Makanan atau Minuman Hangat
Saat tubuh terserang flu, dokter menyarankan untuk banyak mengonsumsi minuman hangat serta makanan berkuah. Menurut pada ahli kesehatan, minuman dan makanan hangat dapat dapat menghilangkan penyumbatan yang disebabkan oleh hawa dingin. Oleh karena itu, mengapa sup selalu menjadi obat andalan saat Anda sakit.

3. Cuci Tangan
Tangan Anda banyak menyentuh benda-benda di sekitar. Jadi jangan heran jika tangan merupakan salah satu bagia tubuh yang paling banyak mengandung bakteri. Agar kekebalan tubuh menurun akibat kuman, tak ada salahnya jika Anda lebih rajin mencuci tangan.

4. Cuci Mulut Secara Teratur
Kumurlah mulut menggunakan air garam (dua sendok teh dalam satu gelas) dan pastikan Anda tidak menelan air tersebut. Air garam dapat membantu mengobati sakit tenggorokan dan melawan virus yang bisa membuat tubuh Anda menjadi lemah.

5. Banyak Konsumsi Vitamin C
Perbanyak mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk dan lemon atau buah yang banyak mengandung vitamin C. Namun jika Anda ingin yang lebih praktis, tablet vitamin C pun bisa menjadi alternatif.

6. Hangatkan Tubuh
Ketika Anda sedang terserang flu, lingkungan dengan suhu udara dingin dan kering tidak tepat untuk pemulihan tubuh. Dengan mandi air panas, Anda juga bisa menyantaikan pikiran serta tubuh.

7. Makan Bawang Putih
Cara ini mungkin kurang terdengar aneh. Akan tetapi, makan bawang putih mentah bisa menyingkirkan hawa dingin di tubuh Anda. Peneliti Inggris menemukan bahwa orang yang memakan bawang putih memiliki kemungkinan dua pertiga lebih kecil terkena flu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar