Kamis, 24 November 2011

Buat Dapur Anda Bebas Bau dengan 5 Cara Ini



img
Dok. Thinkstock
Dapur merupakan ruangan dengan aktivitas yang cukup banyak selain ruang keluarga. Banyaknya berbagai jenis bahan dan sisa makanan atau minuman, kadang membuat aroma di dapur menjadi kurang sedap. Untuk menghindarinya, Anda harus membersihkan peralatan dapur secara rutin. Berikut ini caranya, seperti dikutip dari She Knows.

1. Bersihkan Lubang Wastafel
Pastikan tidak ada kotoran yang terperangkan dan bisa menyumbat aliran air. Tuangkan beberapa sendok makan baking soda ke lubang wastafel secara berkala, diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air. Setiap minggu, campurkan perasan jeruk lemon dengan air hangat, lalu alirkan campuran itu ke lubang wastafel agar aromanya selalu segar.

2. Sortir Makanan Lama dari Kulkas
Bersihkan kulkas Anda minimal seminggu sekali dengan menyortir makanan atau minuman yang sudah lama atau kedaluwarsa. Bersihkan kulkas dengan campuran seperempat air dan tiga sendok makan baking soda (sebelumnya, kosongkan dulu isi kulkas). Anda bisa menaruh cairan pembersih tersebut dalam botol spray, lalu semprotkan pada bagian dalam dan luar kulkas, kemudian lap menggunakan spons kering. Setelah kulkas bersih,masukkan satu kotak kecil berisi baking soda untuk menyerap bau makanan. Jangan lupa mengganti kotak baking soda tersebut setiap beberapa bulan sekali.

3. Kosongkan Tempat Sampah Setiap Hari
Selalu kosongkan tong sampah setiap hari untuk mencegah sisa-sisa makanan menjadi busuk dan menimbulkan bau tak sedap di keesokan harinya. Selalu cuci tempat sampah dengan deterjen dan keringkan setelah Anda membuang isinya.

4. Bersihkan Sisa Minyak
Minyak dan sisa makanan yang menempel pada kompor dan oven bisa membuat kotoran dan bakteri lebih mudah menempel, serta menjadi sumber bau. Untuk membersihkan kompor, gunakan campuran cuka dan air (dengan perbandingan 50:50), lalu lap permukaan dengan kain yang sudah dibasahi campuran tersebut. Lakukan pembersihan setiap kali Anda selesai memasak.

Tapi jika tidak menyukai bau cuka, Anda bisa menggantinya dengan pasta baking soda dan air hangat. Cara ini bisa menyingkirkan makanan yang terselip pada sela-sela kerangka kompor. Cukup oleskan pasta, biarkan mengering dan seka menggunakan lap yang sudah dibasahi air hangat.

5. Bersihkan Spons Pencuci
Tanpa disadari, spons untuk mencuci piring justru bisa menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab bau. Selain itu, kuman-kuman yang menetap di permukaan spons juga bisa menimbulkan berbagai penyakit bagi anggota keluarga Anda. Karena itu, cuci spons dengan deterjen setiap dua hingga tiga hari sekali. Anda juga bisa menaruhnya dalam microwave selama beberapa menit, karena suhu yang tinggi bisa membunuh bakteri berbahaya. Lakukan juga hal yang sama pada handuk atau lap dapur.

(hst/eya)
sumber:wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar