Kamis, 24 November 2011

Orang Kaya RI 'Jual' Rokok, Orang Kaya AS Pengusaha IT

 Daftar orang terkaya di Indonesia dikuasai oleh pengusaha rokok. Pemilik rokok merek Djarum dan Gudang Garam menjadi 2 terkaya teratas di Indonesia. Sementara di AS, orang terkayanya adalah pengusaha IT.

Seperti dikutip dari Forbes, Kamis (24/11/2011), orang terkaya nomor satu di Indonesia adalah R.Budi dan Michael Hartono yang merupakan bersaudara pemilik grup Djarum.

Harta kedua bersaudara ini adalah sebesar US$ 14 miliar atau sekitar Rp 126 triliun. Salah satu aset terbesarnya selain pabrik rokok Djarum adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang merupakan bank dengan nasabah terbesar di Indonesia.

Sementara orang terkaya nomor dua di Indonesia adalah Susilo Wonowidjojo yang merupakan Pemilik Gudang Garam berusia 55 tahun dengan kekayaan sebesar US$ 10,5 miliar atau sekitar Rp 94,5 triliun di tahun 2011.

Keadaan ini berbeda dengan daftar orang terkaya di Amerika Serikat (AS). Di negeri Paman Sam tersebut, orang terkayanya adalah Bill Gates. Pemilik Microsoft berusia 56 tahun tersebut memiliki kekayaan sebesar US$ 59 miliar. Memang jauh di atas kekayaan orang terkaya di Indonesia.

Sementara orang terkaya kedua di AS adalah miliuner Warren Buffet dengan kekayaan sebesar US$ 39 miliar. Pria berusia 81 tahun ini dikenal sebagai investor dan pengusaha di AS. Buffett telah mengumpulkan kekayaan yang sangat besar dari kecerdikannya berinvestasi melalui perusahaannya Berkshire Hathaway.
(dnl/ang) 
sumber:detik finance

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar