Kamis, 24 November 2011

Efek Bahagia Makan Bareng Teman Sama Seperti Bercinta


img
Dok. Thinkstock
- Makan siang bersama teman, ternyata memiliki efek yang sama ketika sedang berhubungan seks. Sebuah studi di Amerika mengungkapkan, saat bersama teman-temannya, wanita akan melepaskan oksitosin; hormon yang sama yang membantu seseorang meraih orgasme saat bercinta.

Seperti dikutip dari Daily Mail, studi yang dilakukan California University juga menemukan bahwa hubungan sosial yang baik dan networking kuat dengan orang lain bisa meningkatkan level oksitosin.

Sementara itu menurut survei yang dilakukan Match.com --situs kencan online, 35 persen wanita merasa makan bersama teman-teman mereka adalah kegiatan yang sangat penting. Jumlah ini lebih besar dibandingkan pria yang hanya berjumlah 23 persen.

Selain makan bersama teman, musik rupanya juga bisa membangkitkan perasaan senang yang sama seperti bercinta. Studi yang dilakukan McGill University di Kanada menunjukkan, mendengarkan musik favorit akan membuat otak melepaskan dopamin; hormon yang diproduksi ketika seseorang berhubungan intim atau makan makanan enak.

Studi yang dimuat dalam jurnal Natur Neuroscience tersebut melibatkan 217 partisipan. Mereka diminta mendengarkan musik instrumental, kemudian otak mereka di-scan selama sesi musik tersebut. Para responden diperiksa perubahan yang terjadi pada tubuh mereka seperti temperatur, detak jantung dan napas.

Hasilnya, diketahui bahwa tingkat dopamin responden meningkat hingga 9 persen saat mereka mendengarkan musik yang disukai. Bahkan ada satu responden yang mengalami peningkatan dopamin hingga 21 persen.

"Bagi sebagian orang, musik bisa jadi sesuatu yang sangat menyenangkan dan menimbulkan sensasi 'merinding' yang kuat," jelas Valorie Salimpoor, ketua tim peneliti, seperti dilansir The Week.

(hst/hst)
sumber:wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar