Sabtu, 26 November 2011

Cara Atasi Bayi yang Bingung Puting, Menolak ASI

 Bayi yang menolak menyusui langsung dari ibunya dan memilih menggunakan botol, diketahui terkena bingung puting. Bagaimana cara mengatasinya?
img
Apa itu bingung puting? Untuk ibu yang belum paham, bingung puting adalah kasus di mana bayi yang masih terlalu kecil mengalami kebingungan antara menghisap puting atau botol susu.

Dikutip dari Baby Center, kasus bingung puting ini bisa dialami jika bayi yang baru lahir terlalu dini diperkenalkan pada botol susu. Bayi yang awalnya diberi ASI melalui payudara lalu disusui dengan botol, akan menolak ketika disusui langsung dari payudara.

Bayi menolak karena mereka menyusu melalui dot botol lebih lancar mengeluarkan susu dibandingkan payudara. Makanya ketika diberikan payudara lagi, mereka menolak.

Selain karena masalah menyusu dari botol, bayi juga bisa mengalami bingung puting apabila merasa tidak mendapat cukup ASI dari ibu. ASI bisa jadi tidak keluar dengan cukup lancar karena bayi belum mendapatkan pelekatan yang benar.

Bagaimana cara mengatasinya?

Langkah paling pertama yang Anda harus lakukan adalah mencari tahu kenapa bayi bingung puting. Apakah karena Anda pernah memberinya susu dengan botol dan dot atau bayi tidak merasa mendapatkan cukup ASI dari payudara.

Kalau karena masalah kedua, coba perhatikan apakah Anda menyusui bayi sudah dengan posisi yang tepat. Posisi yang benar akan menghasilkan pelekatan yang tepat. Pelakatan itu nantinya akan membuat bayi mendapat ASI secara efektif dan mencegah rasa nyeri di puting. Tips soal posisi dan pelekatan yang tepat saat menyusui sudah pernah dijelaskan wolipop di sini

Jika bayi mengalami bingung puting karena kasus menyusu dari botol, sudah pasti langkah yang harus Anda lakukan adalah stop memberinya susu dari botol. Kalau Anda menggunakan empeng atau pacifier, Anda juga harus menghentikannya.

Cobalah untuk terus menawarkan payudara Anda pada bayi, saat dia memang menunjukkan tanda-tanda ingin menyusu. Jangan pernah menyerah meski bayi menolaknya. Biarkan bayi belajar bagaimana menyusu dengan benar dan mendapatkan pelekatan yang tepat.

Jangan sampai Anda membiarkan terlalu lama bayi yang mengalami bingung puting ini. Kalau memang Anda ibu bekerja, cobalah meminta cuti pada kantor agar ibu bisa lebih maksimal menyusui bayi langsung.

Bayi bingung puting yang tidak cepat diatasi bisa membuatnya terus terlena menyusu dengan botol dan dot. Alhasil suplai ASI ibu pun semakin lama menurun dan akhirnya tidak keluar lagi. Tentu ini tidak baik untuk keberhasilan ibu memberikan bayi ASI eksklusif dan hingga dua tahun.

(eny/eny)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar